Genius Umar Tandatangani MoU Tentang Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas dengan Menteri Kominfo

Pariaman _ Untuk mempercepat penguatan Kota Pariaman menjadi Smart City (Kota Cerdas), hari ini Walikota Pariaman, Genius Umar, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dengan Pemerintah Kota Pariaman, bertempat di ruang rapat walikota, Balaikota Pariaman, Kamis (21/4/2022).

Penandatanganan ini dilakukan secara virtual, yang ditandai dengan arahan dan penandatanganan langsung dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G Plate dan dilanjutkan oleh Walikota dan Bupati, dari 50 daerah di indoneisa, yang menandatangani Nota Kesepakatan Bersama Tentang Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas ini.

“Kota Pariaman telah berkomitmen untuk menjadi salah satu Kota Cerdas di Indonesia, dan ini telah dibuktikan dengan berbagai infrastruktur, program dan aplikasi yang kita bangun dan luncurkan untuk mendukung Smart City tersebut,” ujar Genius.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa, isi dari MoU Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas ini, secara garis besar tentang bagaimana percepatan implementasi kota cerdas (smart city) yang ada di daerah, dimana pihak Kementerian akan menfasilitasi pembuatan master plan kota cerdas di Kota Pariaman tahun 2022 ini, ucapnya.

Genius juga menuturkan, Pembangunan Kota Pariaman Smart City, merupakan usaha yang berkelanjutan, bertahap, dan bersifat multi sektoral, oleh karena itu diperlukan sebuah perencanaan berjangka waktu dan terintegrasi, yang dituangkan dalam bentuk dokumen masterplan Smart City, dengan road map yang berisi program selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pariaman 2018-2023, ulasnya.

“Masterplan Smart City berperan vital sebagai landasan materi dan panduan pembangunan konsep kota masa kini dan masa depan. Masterplan ini berperan besar dalam membantu pemerintah menetapkan kebijakan, regulasi, dan arah serta prioritas pembangunan kota,” tukasnya.

Smart City, tidak hanya tentang digitalisasi saja, namun bagaimana menjalankan pemerintahan dan pelayanan publik yang efektif dan efisien, yang penuh dengan inovasi dan kemudahan untuk masyarakat, tutup Genius. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *