KPK RI Salurkan Bantuan Huntara untuk Korban Gempa Pasaman Barat

Pasbar, KabarDaerah.com – Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) mengumpulkan donasi dari Karyawan KPK RI bagi masyarakat yang terdampak bencana diseluruh Indonesia.

Kabupaten Pasaman Barat mendapatkan musibah gempa bumi pada 25 Februari 2022 yang lalu, KPK RI juga ikut membantu dan mengumpulkan donasi sebesar Rp.150.000.000,- (seratus lima puluh juta rupiah).

Donasi itu diserahkan dalam bentuk Hunian Sementara (Huntara) kepada masyarakat di Jorong Timbo Abu Nagari Kajai, Kecamatan Talamau oleh Perwakilan atau Koordinator dari KPK RI., Naila Fauzana Nasution dan didampingi Bupati Pasaman Barat Hamsuardi dan stakeholder terkait lainnya, termasuk Wali Nagari dan Jorong setempat.

Naila Fauzana Nasution mengatakan, pengumpulan donasi itu sekitar satu bulan yang lalu, dan untuk Kabupaten Pasaman Barat donasi diserahkan mencapai Rp.150.000.000,- (seratus lima puluh juta rupiah) dalam bentuk Huntara.

“Bantuan ini merupakan aksi sosial dari pegawai KPK RI yang murni yang kami kumpulkan. Karena adanya bencana alam gempa bumi di Kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman. Biasanya kami juga melakukan hal yang sama untuk daerah lainnya yang mendapatkan bencana,” ujar Naila.

Ditambahkannya, donasi yang dikumpulkan itu diharapkan bisa membantu masyarakat yang tertimpa musibah bencana alam gempa bumi di Pasaman Barat. Terutama untuk membantu Huntara bagi masyarakat yang rumahnya rusak dan tidak bisa ditempati.

“Kami merasa sudah tepat ketika donasi kami serahkan ke Pemerintah Daerah untuk dibangunkan Huntara. Dari pantauan kami memang terlihat masyarakat di Timbo Abu Nagari Kajai ini banyak rumah nya yang runtuh akibat musibah gempa,” tutur Naila.

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat., Hamsuardi mengucapkan terima kasih kepada KPK RI yang telah membantu masyarakat Pasaman Barat yang tertimpa musibah bencana alam gempa bumi.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu masyarakat Pasaman Barat dalam meringankan beban yang dirasakan. Hari ini KPK RI menyerahkan donasinya kepada kita sebesar Rp.150.000.000,- (serarus lima puluh juta rupiah),” ucap Hamsuardi.

Dari bantuan tersebut, lanjut Hamsuardi, sebanyak 10 unit Huntara akan kita bangunkan untuk masyarakat dengan biaya satu Huntara Rp.9.000.000,- (sembilan juta rupiah) yang disetujui oleh KPK RI. Kami hanya menyalurkan apa yang mereka inginkan, sedangkan sisa donasi dari mereka terus kami salurkan kepada masyarakat yang terdampak.

Hamsuardi juga tidak henti-hentinya bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh donatur, relawan hingga Pemerintah Pusat dan Provinsi dalam membantu korban gempa.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah (Pemda) mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah ikut membantu masyarakat Pasaman Barat dalam menangani bencana alam gempa bumi ini,” pungkas Hamsuardi. (Wisnu Utama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *