Polres Sawahlunto, Gelar Apel Pasukan Operasi Patuh Singgalang 2022.

 

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Kapolres Sawahlunto-Polda Sumbar, AKBP Ricardo Condrat Yusuf SH SIK MH pada Senin pagi (13/6) memimpin pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Patuh Singgalang 2022, di Lapangan Apel Mako Polres Sawahlunto.

Kegiatan Apel ini, diikuti oleh Waka Polres Sawahlunto Kompol Asnomi Nanda SH, Para Kabag, Kasat, Kepala Dinas Perhubungan Kota Sawahlunto dan seluruh perwira dan Personil Polres Sawahlunto.

Seperti kita ketahui, kegiatan Operasi Patuh ini dilakukan secara serentak, menjelang hari Bhayangkara tahun 2022, selama 14 hari. Terhitung dari tanggal 13 Juni, sampai dengan 26 Juni 2022 dengan tema “Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa”.

Hal ini ditujukan untuk mewujudkan situasi Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) dan Kamseltibcarlantas (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran dalam berlalu lintas) di tengah masyarakat. Karenanha, Kepolisian Negara RI secara serentak menggelar Operasi Kepolisian dengan Sandi “Patuh 2022”.

Pasukan Apel gelar pasukan tersebut terdiri dari Pleton TNI, Pleton Sat Samapta, Pleton Gabungan staf polres, Pleton sat lantas, Pleton Pers bhabinkamtibmas, Pleton gabungan Sat reserse, Sat Intel, Sat narkoba dan Sat Tahti serta pleton dari Dinas Perhubungan Kota Sawahlunto.

Kapolres Sawahlunto, AKBP Ricardo Condrat Yusuf dalam arahannya menyampaikan beberapa hal, terkait dengan kegiatan Operasih Patuh 2022. Antara lain akan dilakukan pemetaan lokasi yang berpotensi terjadinya pelanggaran, kecelakaan dan kemacetan Lalulintas. Untuk itu, dalam pelaksanaannya akan dilakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang KamseltibcarLantas.

Sementara itu, dalam pelaksanaan operasi ini harus sesuai SOP dan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Sedangkan dalam pelaksanaan penegakan hukumnya, akan dilakukan secara Elektronik (E-Tilang) terhadap para pelanggar.

Dengan melibatkan TNI dan Instansi terkait dalam pelaksanaan operasi ini, disesuaikan dengan peran dan fungsinya diharapkan agar mendapatkan hasil maksimal.

Tujuan dari pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang 2022 ini, untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan fatalitas korban akibat kecelakaan lalu lintas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Semoga Operasi Patuh Singgalang 2022 dapat berjalan dengan baik dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat tanpa menimbulkan dampak negatif yang berakibat menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri, khususnya Polisi Lalu Lintas,” ujar Kapolres Sawahlunto AKBP Ricardo Condrat Yusuf.

Lebih lanjut Kapolres Sawahlunto mengingatkan, “hindari sikap serta perilaku maupun tindakan yang tidak sesuai dengan ketentuan. Jangan sampai menyakiti hati masyarakat, yang akan menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri. Laksanakan Operasi Patuh 2022 ini dengan baik dan benar agar terciptanya Kamseltibcar Lantas di Kota Sawahlunto,” ungkap Kapolres Sawahlunto menambahkan.

Dalam kegiatan ini, ada tujuh (7) sasaran prioritas penindakan, bagi pelanggar lalu lintas dalam Operasi Patuh Singgalang 2022.

1. Bagi pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara

2. Pengemudi/pengendara di bawah umur

3. Sepeda motor berboncengan lebih dari 1 orang

4. Pengendara dan pembonceng sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI

5. Pengemudi/pengendara kendaraan dalam pengaruh/mengkonsumsi alkohol

6. Pengendara melawan arus

7. Dan terakhir, melebihi batas kecepatan. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *