Pasca Pandemi, Masyarakat Sawahlunto Tumpah Menyaksikan Carnaval SiSSCa2022.

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.SiSSCa 2022 yang merupakan helat tahunan dari Kota Warisan Budaya Dunia UNESCO, Sawahlunto kembali berhasil memukau ribuan penonton, utamanya saat peserta carnival melintas, di panggung utama pada Rabu (10/9).

Dalam rangkaian carnival SiSSCa 2022 ini, sebelumnya telah didahului dengan kegiatan Sawahlunto Songket Silungkang Expo di GPK Kota Sawahlunto.

Berulang kali kata Songket Silungkang meluncur dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dalam vidio pendek sambut
SiSSCa2022.

Sehingga Walikota Sawahlunto, Deri Asta SH dalam sambutan pembukaan SiSSCa dengan berbinar-binar menyampaikan ungkapan terimakasihnya, karena telah mengangkat nama Songket Silungkang, yang merupakan salah satu icon Kota Sawahlunto melalui SiSSCa, yang sudah dimulai penyelenggaraannya sejak tahun 2015.

Kegiatan ini, sedikitnya mampu membangkitkan ekonomi masyarakat pasca pandemi covid. Mulai dari para pedagang, pengrajin Songket Silungkang dan produk UKM lainnya dari Kota Sawahlunto.

Begitupun masyarakat, terlihat tumpah ke jalan, guna untuk menyaksikan kemeriahan dari carnaval SiSSCa (Sawahlunto International Songket Silungkang Carnaval) 2022 yang digelar di sepanjang jalan utama, di Kota Sawahlunto.

Songket Silungkang, Sawahlunto merupakan songket tertua di Indonesia. Melalui kegiatan SiSSCa, yang masuk ke dalam 100 wonderful pariwisata Indonesia hendaknya dapat kembali membangkitkan ekonomi masyarakat Sawahlunto.

“Songket dengan turunannya, dapat diolah menjadi berbagai produk, dengan bahan dasar songket, sebagai inovasi dalam pengembangan Songket Silungkang,” ungkap Wako Sawahlunto Deri Asta SH. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *