Babinsa Parak Gadang Timur Jemput Warga Air Camar yang Terkena Penyakit TBC

Padang, KabarDaerah.com – Babinsa Parak Gadang Timur., Sertu Riky Bakri bersama Bhabinkamtibmas dan perwakilan Puskesmas Parak Karakah menjemput warga Air Camar RT 4 RW 8 yang terkena penyakit TBC di RT 4, RW 8, Kelurahan Parak Gadang Timur, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Kamis (10/02/23).

Plh Danramil 02/Padang Timur., Kapten Inf Ikhlas melalui Babinsa Parak Gadang Timur., Sertu Riky Bakri mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi penularan penyakit terhadap warga lain, pasien harus dibawa berobat dan harus dirawat inap dulu.

“Karena, penyakit Tuberculosis atau sering disebut sebagai Penyakit TBC atau Penyakit TB merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis dan dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan baik,” ucap Sertu Riky Bakri.

Umumnya, lanjut Sertu Riky Bakri, penyakit TBC menyerang organ paru-paru. Namun begitu, penyakit ini juga dapat menyerang organ lain seperti kelenjar getah bening, selaput otak, tulang, perut, dll yang sering disebut sebagai TBC ekstra paru.

“Gejala utama yang sering timbul ketika seseorang terjangkit TBC antara lain batuk terus menerus selama 2 minggu atau lebih. Selain itu, bisa juga timbul gejala lain seperti adanya dahak yang kadang bercampur darah, nafsu makan menurun, berkeringat di malam hari meski tanpa melakukan aktifitas, demam meriang yang berkepanjangan (lebih dari 1 bulan), sesak nafas disertai nyeri dada, dan berat badan menurun,” ujar Sertu Riky Bakri.

Menurut Sertu Riky Bakri, seseorang yang kontak erat dengan pasien TBC dan memiliki gejala-gejala tersebut dapat dicurigai juga menderita TBC.

“Penyakit TB dapat menular melalui udara dan percikan air ludah yang keluar ketika seorang penderita TBC aktif batuk, bersin, dan bicara,” jelas Sertu Riky Bakri.

Maka dari itu, kata Sertu Riky Bakri, sangat penting bagi penderita TBC untuk menggunakan masker serta melakukan etika batuk dengan baik dan benar untuk mencegah penularan penyakit kepada orang lain.

“Selain itu, menciptakan suasana rumah hingga setiap ruangannya mendapatkan ventilasi yang baik dan mendapatkan sinar matahari langsung dengan cara membuka jendela rumah lebar-lebar juga harus dilakukan untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit TBC,” pungkas Sertu Riky Bakri sambil mengakhiri.

 

Reporter  :  Muslimat

Editor       :  Robbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *