Kapolres Sawahlunto, Pimpin Apel Kasat Kamling dan Menyerahkan Piala Lomba Poskamling

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Kapolres Sawahlunto, AKBP Purwanto Hari Subekti SSos pada Rabu (21/6) memimpin pelaksanaan Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) serta menyerahkan piala lomba Poskamling dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-77, di Mako Polres Sawahlunto.

Dari empat nominasi peserta Poskamling, yakni Poskamling Desa Silungkang Oso (Polsek Muaro Kalaban), Poskamling Kelurahan Pasar (Polsek Sawahlunto), Poskamling Balai Batu Sandaran (Polsek Barangin), dan Poskamling Desa Sikalang (Polsek Talawi), terpilih sebagai Juara I Poskamling Kelurahan Pasar dan juara II diraih oleh Poskamling Desa Silungkang Oso.

Kegiatan yang berlangsung di lapangan apel Mako Polres Sawahlunto, diikuti oleh Waka Polres Sawahlunto, para PJU, Kapolsek dan jajaran, para perwira dan Bintara Polres Sawahlunto serta PNS di lingkup Polres Sawahlunto. Selain itu, juga terlihat hadir para tamu dan undangan serta pimpinan Instansi terkait.

Kita ketahui, Apel Kasat Kamling ini dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran Kepolisian Indonesia. Dalam kesempatan ini, Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti SSos membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo MSi.

Kapolri dalam amanatnya mengatakan, “apel yang dilaksanakan ini, merupakan salah satu upaya Polri dalam mempercepat revitalisasi satkamling. Semoga kegiatan ini, dapat meningkatkan semangat dan optimalisasi peran awak satkamling dalam mengemban tugas fungsi kepolisian, dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swarkasa,” urai Kapolri dalam amanatnya.

Lebih lanjut dikatakan, “berbagai dinamaka tantangan tersebut harus dihadapi secara bersama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat. Hal ini, sejalan dengan program transformasi menuju Polri yang Presisi, peningkatan peran aktif pamswarkasa di lingkungan,” urainya.

Salah satu bentuk pengamanan swarkasa yang berada di bawah pembinaan Polri, adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling.

Satkamling, adalah garda terdepan disetiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Kehadirannya, diharapkan dapat menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat pula melakukan tindakan pencegahan secara cepat.

Sehingga, masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga lingkungan serta menyelesaikan permasalah demi kenyamanan bersama. Solidaritas warga, adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan Satkamling.

Selain itu, Satkamling juga harus bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya. Kehadiran Satkamling harus bisa menjadi cooling system, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan terlebih kita akan menghadapi agenda Nasional, Pemilu dan pemilihan serentak pada tahun 2024.

Sebelum mengakhiri Amanatnya, Kapolri berpesan kepada rekan-rekan awak Satkamling agar senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma, dan etika pada setiap pelaksanaan tugas. Tanamkan bahwa fungsi kepolisian terbatas non yustisiil, yang diberikan merupakan sebuah kehormatan yang harus selalu dijaga. Karena kehadiran Satkamling, merupakan representasi kehadiran Polri ditengah masyarakat.

Setelah selesai pelaksanaan apel HUT Bhayangkara ke-77 Tahun 2023, Kapolres Sawahlunto menyerahkan piala lomba Poskamling tingkat Kota Sawahlunto (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *