Polres Sawahlunto, Sosialisasikan Operasi Bina Kusuma Singgalang 2023 Kepada Kelompok Ojek

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM. Kepolisian Resor (Polres) Sawahlunto, Polda Sumbar melalui personil satuan tugas preventif dan preemtif Operasi Bina Kusuma Singgalang tahun 2023, pada Minggu pagi (25/6) memberikan sosialisasi dan himbauan kepada kelompok ojek di Pasar Sawahlunto Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto.

Dalam Operasi Bina Kusuma Singgalang 2023, mengedepankan upaya pembinaan dan pencegahan yang dilaksanakan oleh Polri kepada masyarakat, dalam rangka mengurangi penyakit masyarakat, yang menimbulkan dampak sosial yang tidak baik di tengah kehidupan masyarakat.

Kegiatan sosialisasi dan himbauan ini, dipimpin langsung oleh oleh Kanit Bhabinkamtibmas Sat Binmas Polres Sawahlunto, Aiptu Efi Yuhendra.

Kanit Binmas dalam arahannya menyampaikan berbagai hal, seputar aksi premanisme, peredaran miras, kekerasan dalam rumah tangga dan perjudian.

“Jangan sekali-kali melakukan segala bentuk aksi premanisme, mengkonsumsi alkohol/obat-obatan terlarang, Narkoba, maupun permainan judi serta bentuk kekerasan dalam rumah tangga,” ujar Kanit Bhabinkamtibmas Polres Sawahlunto.

“Jika ada melihat atau mengetahui adanya aksi premanisme, peredaran miras, kekerasan dalam rumah tangga maupun perjudian serta kasus kriminalitas lainnya, segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas atau kantor Polisi terdekat,” ujar Kanit Binmas menambahkan.

Sementara itu di tempat terpisah, Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti SSos melalui Kasat Binmas AKP Dany Salman SH MH mengatakan bahwa, “Operasi Bina Kusuma adalah operasi terpusat yang dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran Kepolisian Indonesia dalam rangka mencegah aksi kriminalitas guna menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat,” ungkap Kasat Binmas.

Lebih lanjut dikatakan, “untuk sasaran prioritas operasi adalah lokasi rawan kriminalitas ataupun rawan aksi premanisme, dengan mengedepankan himbauan secara humanis tanpa mengesampingkan upaya penindakan hukum,” ujar AKP Dany.

Sosialisasi dan himbauan dilaksanakan, agar masyarakat mengerti serta memahami dan juga  bersedia membantu dalam memberantas aksi premanisme, peredaran miras, kekerasan dalam rumah tangga dan perjudian untuk mengwujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Sawahlunto.

“Keberhasilan pelaksanaan kegiatan Operasi Bina Kusuma ini, tentunya tidak terlepas dari peran dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, dalam bekerja sama dengan melaporkan, apabila melihat ataupun mendengar kejahatan preman maupun premanisme yang meresahkan masyarakat,” pungkas Kasat Binmas Dany Salman mengakhiri. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *