Sukseskan Program Pokja IV, Nagari Tandikek Selatan Jadi Pilot Project Dalam Program GKSTTB Wakili Sumatra Barat

Padang Pariaman _ Nagari Tandikek Selatan mewakili Provinsi Sumatra Barat sebagai Nagari percontohan atau Pilot Project dalam pelaksanaan  program Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana (GKSTTB) Tahun 2023 tingkat Nasional.

Ketua TP-PKK Kabupaten Padang Pariaman, Yusrita Suhatri Bur saat mengikuti  pelaksanaan konfirmasi, Validasi Evidence dan wawancara Pilot Project GKSTTB tahap II melalui Zoom Meeting di ruang Dillo Kominfo Padang Pariaman pada Kamis, (08/06/23).

Ia Menyebutkan, sebelum sampai ketahap ini, Nagari Tandikek  Selatan  telah melalui tahapan verifikasi dari tim verivikasi Provinsi Sumatra Barat.

“Setelah dilakukan verifikasi data dari seluruh Nagari, maka Nagari Tandikek Selatan memiliki permasalahan  yang cukup tinggi diantaranya terdapat permasalahan Keluarga Berencana (KB), dimana  masih kurangnya partisipasi masyarakat untuk memanfaatkan program KB tersebut,” sebutnya.

Selain itu , Yusrita Suhatri Bur menyebutkan  permasalahan dalam penilaian pelaksanaan GKSTTB ini terdapat tiga indikator yaitu kesehatan yang kurang baik, kondisi lingkungan hidup di Desa/ Nagari yang kurang baik, dan perencanaan sehat yang kurang baik.

“Dengan demikian, diharapkan adanya peningkatan atau perubahan yang lebih baik dari pada kondisi sebelumnya, dan kita tetap fokus untuk memperbaiki keadaan setiap tahunnya untuk memperoleh pencapaian yang lebih” ujarnya.

Yusrita Suhatri Bur mengaku, sebelum sampai ke tahap penilaian ini, PKK Kabupaten Padang Pariaman melalui tim Pokja IV terus berupaya melakukan pemantauan progres program Pokja IV yang diterapkan di Nagari Tandikek Selatan.

“Tim Pokja IV Kabupaten Padang Pariaman rutin melakukan pembinaan ke Nagari Tandikek Selatan, setiap 6 bulan sekali akan dilaporkan progresnya ke Provinsi  sedangkan untuk pelaporan dari Nagari ke Kecamatan setiap 3 bulan,” katanya.

Kemudian, Yusrita Suhatri Bur juga memaparkan  pada penilaian tersebut bahwa timnya sudah melakukan pergerakan untuk membenahi persoalan terkait dengan fokus permasalahan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana. Dengan menjadikan  Ibu-ibu PKK  sebagai Srikandi Siaga Bencana (Sisigab) terutama di rumah maupun dilingkungan tempat tinggalnya.

Diakhir paparannya, ia berharap Padang Pariaman segera meminimalisir setiap persoalan yang berkaitan dengan indikator yang difokuskan untuk membenahi permasalahan yang ada di Padang pariaman. 

Adapun program unggulan yang diterapkan di Nagari Tandikek yaitu, Screening Cek kesehatan (SCK) bagi wanita usai subur berupa pelayanan IVA, pelayanan Pap Smear, Pendampingan Setiap Ibu Hamil (Pensil) dengan melakukan pendampingan serta pemantauan rutin kepada seluruh sasaran ibu hamil yang bertujuan untuk mencegah kehamilan yang berisiko dan bekerja sama dengan KUA dan kantor Nagari dalam bentuk bimbingan perkawinan pra nikah.
  
Turut mendampingi, Assiten I Rudi Rahmat, Ketua Bidang Pokja IV PKK Padang Pariaman Yanti Rudy Repenaldi Rilis, Camat Patamuan Wirman, Wali Nagari Tandikek Selatan Maryono, Kepala Puskesmas Patamuan, KUA Patamuan, Penyuluh KB, Pokja IV Kecamatan Patamuan, Nagari dan OPD terkait dilingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *