Dinilai Tidak Masif, Pengumuman DCS KPU Pessel Tidak Diketahui Masyarakat

 

Pessel, Kabardaerah.– Pemerhati Pemilu Kabupaten Pesisir Selatan, Simon Tanjung menilai Daftar Calon Sementara (DCS) Pileg 2024, yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan tidak masif dalam menyebar pengumuman.

“Saya menilai KPU sangat tidak transparansi memberikan informasi yang diberikan kepada masyarakat mengenai tempat dimana tempat pengumuman yang ditempel KPU dan latar belakang dari calon anggota legislatif,” ungkap Simon yang juga wartawan ini pada wartawan, Jumat 25 Agustus 2023.

Ia menjelaskan, pengumuman DCS sampai sangat penting sampai kepada masyarakat. Karena pengumuman ini terkait penilaian masyarakat terhadap calon wakil rakyat yang dipilihnya.

“Karena penting untuk menilai kualitas, pendidikan, dan kemampuan calon anggota legislatif. Dan pengumuman DCS ini, tampaknya tidak ada ditempel di tempat umum,” jelasnya.

Terkait hal ini, ia menyebut, karena tidak efektif dalam pengumuman ini, sehingga masyarakat tidak bisa menilai mengenai latar belakang calon yang akan dipilih.

“Penyampaian DCS anggota legislatif di setiap pelosok belum masif. Sehingga sangat mengecewakan. Seharusnya bisa disebar dan menyentuh lapisan masyarakat,”

Lanjutnya, terkait hal ini, KPU perlu
merespons keluhan masyarakat terkait pengumuman ini. Karena hal ini bertentangan dengan UU nomor 14 tahun 2008 untuk transparansi informasi.

“Kami pun percaya pentingnya memberikan informasi latar belakang calon, termasuk riwayat hidup, domisili, pendidikan terakhir, dan pekerjaan, agar masyarakat dapat memilih tanpa adanya tekanan dan dengan pengetahuan yang memadai,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Pessel, Aswandi menyampaikan minta maaf kepada masyarakat terkait belum maksimalnya pengumuman DCS.

Ia menjelaskan, saat ini untuk DCS pihaknya sudah memaksimalkan dengan sarana yang ada di KPU.
Baik di laman resmi kab-pesisirselatan.kpu.go.id, media cetak dan TV, dan Instagram milik KPU.

“Namun, kalau ada yang kurang terkait pengumuman DCS ini, kami minta maaf kepada masyarakat,” tutupnya.

Berdasarkan hasil Rekapitulasi DCS Anggota DPRD Pesisir Selatan Pemilu 2024, jumlah bakal calon yang sebelumnya diajukan oleh 15 Parpol Peserta Pemilu di Pesisir Selatan berjumlah 667.

Dari hasil diverifikasi oleh tim verifikator KPU Pessel dinyatakan sebanyak 558 memenuhi syarat dan 109 bakal calon tidak memenuhi syarat. DCS diumumkan sejak 19 sampai 23 Agustus 2023.

Reporter: Efrizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *