Babinsa Koramil 02/Padang Timur Hadiri Rapat Rembuk Stunting Tingkat Kecamatan

Padang, KabarDaerah.com – Danramil 02/Padang Timur., Kapten Arm Junardy diwakili oleh Babinsa Sawahan., Serka Arismanto menghadiri acara Rembuk Stunting tingkat Kecamatan sekaligus lokakarya mini percepatan penurunan Stunting di Aula Kantor Kecamatan Padang Timur. Acara Rembuk Stunting ini dihadiri sekitar 50 orang.

Babinsa Sawahan., Serka Arismanto mengatakan, Stunting merupakan masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam kurun waktu yang lama.

“Stunting terjadi karena asupan makanan kedalam tubuh tidak sesuai kebutuhan gizi yang diperlukan, dan itu terjadi dari mulai didalam kandungan serta baru terlihat setelah usia 2 tahun,” ucap Serka Arismanto kepada media KabarDaerah.com, Sabtu (25/11/23).

Selain pertumbuhan tubuh terhambat, lanjut Serka Arismanto, stunting juga dapat mempengaruhi perkembangan otak, mempengaruhi produktivitas, daya serap dan kreativitas di usia produktif anak.

“Tujuan dilaksanakannya rapat ini adalah untuk meningkatkan komitmen para pengambil kebijakan dalam penurunan stunting serta meningkatkan kemampuan Pemerintah Daerah dalam melakukan perencanaan, koordinasi, pemantauan dan evaluasi, serta sosialisasi dan komunikasi interpersonal dan konsistensi serta penetapan data masyarakat Kecamatan Padang Timur yang stunting,” terang Serka Arismanto.

Menurut Serka Arismanto, dalam rapat tersebut, dijelaskan upaya penurunan stunting dapat dilakukan melalui dua intervensi yaitu intervensi gizi spesifik untuk mengatasi penyebab langsung dan intervensi gizi sensitif untuk mengatasi penyebab tidak langsung.

“Penurunan stunting memerlukan pendekatan yang menyeluruh, harus dimulai dari pemenuhan persyarat pendukung,” pungkas Serka Arismanto.

Reporter  :  Alwis Ray

Editor       :  Ronnald

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *