Bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa Sawahan Komsos dengan Kepala KUA Padang Timur

Padang, KabarDaerah.com – Babinsa Sawahan., Serka Arismanto melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama Bhabinkamtibmas dengan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Padang Timur di Jalan Tan Malaka, Kelurahan Sawahan, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Kamis (16/11/23).

Danramil 02/Padang Timur., Kapten Arm Junardy melalui Babinsa Sawahan., Serka Arismanto menyampaikan, dalam Komsos tersebut kami membahas mengenai pengurusan calon pengantin dan memberikan arahan dan wejangan kedua calon pengantin tentang hudup berumah tangga nantinya.

“Sebagai aparat kewilayahan dari TNI AD, Babinsa merupakan ujung tombak yang bertugas di tingkat Desa sampai dengan Kelurahan untuk melakukan pembinaan dan pendampingan kepada segenap warga binaan,” ucap Serka Arismanto.

Menurut Serka Arismanto, tujuan Komsos tersebut untuk terciptanya suatu kekuatan kewilayahan sebagai ruang alat dan kondisi juang yang tangguh dalam mengatasi segala ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan terhadap kelangsungan hidup bangsa dan negara serta jalannya pembangunan nasional.

Termasuk, lanjut Serka Arismanto, dalam bentuk pencegahan kenakalan remaja yang kerap melanggar hukum atau perbuatan yang mengganggu keamanan masyarakat akibat pergaulan bebas serta memberikan pembinaan kepada remaja untuk menjauhi pernikahan dini.

Serka Arismanto berharap kepada semua elemen masyarakat harus terlibat, terutama orang tua agar tetap menjaga dan mengontrol anak-anaknya dari setiap aktifitas yang cenderung terhadap hal-hal negatif seperti penyalahgunaan narkoba, dan perbuatan negatif lainnya yang dapat merusak masa depan para remaja itu sendiri.

“Upaya pencegahan terjadinya kenakalan remaja yang mengakibatkan sering terjadinya pernikahan dini dan kenakalan remaja lainnya dibutuhkan peran semua pihak terutama pemerintah, organisasi, orang tua, pemangku kepentingan untuk terlibat dalam mensosialisasikan nilai masyarakat dan agama, pendidikan moral, penguatan mental, hingga masalah psikologis,” ujar Serka Arismanto.

Serka Arismanto menambahkan, bahwa pihak KUA memberikan tanggapan positif terkait pernikahan dini. Pihak KUA akan memberikan edukasi kepada setiap calon pengantin yang hendak mengajukan pernikahan, salah satunya memberikan program pernikahan berupa bimbingan sebelum berlangsungnya akad nikah.

“Dengan memberikan bimbingan kepada calon pengantin sehingga nantinya bila berumah tangga akan terhindar dari segala hal yang dapat merugikan rumah tangga itu sendiri,” pungkas Serka Arismanto.

 

Reporter  :  Alwis Ray

Editor       :  Ronnald

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *