Sebuah Truk Bermuatan Sawit Terperosok dan Nyaris Tercebur ke Sungai

PASAMANBARAT,KABARDAERAH.COM-Sebuah truk bermuatan sawit terperosok di badan jalan saat hendak melewati jembatan di Kejorongan Serasah Betung, Kenagarian Ranah Malintang,Kecamatan Sungai Aur,Pasaman Barat pada Senin, 18/12.Truk terperosok di duga akibat pondasi jembatan  tergerus air sehingga kondisi jalan menjadi lunak dan mengakibatkan ban belakang truk terbenam serta nyaris tercebur ke sungai.Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Pondasi jembatan berlubang  dihantam debit arus sungai yang meningkat saat musim hujan,”kata PJ Walinagari(Kepala Desa) Ranah Malintang,Khairul Anwar,yang di jumpai wartawan di lokasi pada Selasa,19/12.

“Saat ini kita perbaiki sebisanya dengan swadaya masyarakat,”katanya menjelaskan.

Warga Serasah Betung bahu membahu memperbaiki pondasi jembatan dengan peralatan seadanya.

Menurutnya pondasi jembatan perlu dibuatkan bronjong untuk menahan hantaman arus sungai.Jika tidak segera di atasi,arus air di khawatirkan merusak pondasi jembatan dan berisiko memutus akses jalan satu satunya bagi warga Serasah Betung itu.

Jembatan Terputus

Sementara itu berdasarkan keterangan Khairul Anwar, di kejorongan Serasah Talang,sebuah jembatan terputus karena tingginya curah hujan.Akibatnya jalan tidak bisa di lalui kenderaan roda empat.

Kondisi jembatan yang rusak di kejorongan Serasah Talang.(foto :istimewa)
Jembatan darurat swadaya warga (foto: istimewa)

“Sudah di buatkan jembatan darurat oleh warga,tapi hanya bisa di lewati dengan berjalan kaki,”jelas PJ Walinagari Khairul Anwar.

Menurutnya pihak Dinas PUPR sudah ada yang berkunjung memantau kondisi tersebut.

“Tapi berhubung waktu itu hari sudah sore,kita belum jumpa secara langsung,”katanya.
Dia berharap kondisi jalan dan jembatan di dua kejorongan,Serasah Betung dan Serasah Talang itu mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat.

Dari pantauan wartawan beberapa ruas jalan juga terlihat hancur digerus air.Jalan yang di aspal tanpa sistem drainase membuat tumpahan air melewati badan jalan dan berlobang besar di beberapa titik.(WN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *