Air Sungai Meluap, Babinsa Koramil 03/Lubuk Basung Siaga Banjir

Agam, KabarDaerah.com – Curah hujan tinggi ditambah dengan kiriman air dari hulu membuat sejumlah Desa Plambayan Bawan di wilayah Kecamatan Plambayan, Kabupaten Agam digenangi air dengan ketinggian air kali mencapai sekitar 2 meter.

Dari semalam anggota Koramil 03/Lubuk Basung terus memantau debit air di sungai yang melintasi diwilayah Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Jum’at (08/03/24).

Tadi malam situasi debit air di sungai masang kiri samo sungai batang nanggang masih normal dan pagi ini kami mendapat laporan air sungai meluap ke pemukiman warga, hal tersebut disampaikan anggota Koramil 03/Lubuk Basung., Serda Robi Hermanto, Serda Hengky dan Serda Syfril Hadi saat memonitor langsung kondisi situasi saat ini.

“Hasil monitoring langsung dilapangkan untuk saat ini air sudah meluap ke pemukiman warga bahkan ada beberapa ruas jalan sudah tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua diantaranya jalan Plambayan Bawan,” terang Serda Robi Hermanto

Sementara itu, Komandan Koramil (Danramil) 03/Lubuk Basung., Mayor Arh Zul Akmar saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian meluapnya air sungai masang kiri samo sungai batang nanggang
akibat derasnya hujan diwilayah Koramil 03/Lbs yang meliputi Plambayan Bawan, Kecamatan Palembayan dirinya memerintahkan Personel Babinsa Koramil untuk terus memantau perkembangan situasi diwilayah binaannya masing-masing.

“Kami sampai saat ini masih terus memantau perkembangan situasi terkini di wilayah akibat luapan air sungai tersebut,” ujar Mayor Arh Zul Akmar.

Babinsa Koramil 03/Lubuk Basung menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada.

“Mengingat situasi saat ini hujan masih terus mengguyur dan tidak menutup kemungkinan air sungai meluap lebih luas lagi,” ungkapnya.

 

Reporter  :  Darfius

Editor       :  Ronnald

Penulis: DarfiusEditor: Ronnald

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *