Bupati Padang Pariaman Terima Bantuan Dari BNPB Untuk Penanggulangan Bencana Banjir & longsor

Padang Pariaman _ Bupati Padang Pariaman Suharti Bur terima bantuan dari BNPB yang diserahkan Letjen TNI Suharyanto, S. Sos.M.M  untuk penanganan bencana Alam wilayah Kabupaten Padang Pariaman, Senin (11/3/ 2024), di Auditorium Gubernur Sumatera Barat..

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana republik Indonesia (BNPB RI) Letjen Suharyanto dalam rangka kunjungan Kerjanya di Sumatra Barat laksanakan rapat koordinasi dan evaluasi penanganan bencana banjir dan longsor di daerah kabupaten yang terdampak bencana alam, di Provinsi Sumbar.

Dalam kesempatan itu bupati Padang Pariaman Suhatri Bur laporkan kepada kepala BNPB RI Letjen Suharyanto sejumlah titik longsor dan banjir bandang yang merendam rumah warga serta lahan pertanian hingga korban jiwa, akibat bencana di Kab. Padang Pariaman, sebut Bupati pada rapat evalusi bencana.

Pada kesempatan itu juga Kepala BNPB Letjend Suharyanto menyerahkan bantuan kepada Pemerintah daerah kabupaten Padang Pariaman yang diterima langsung oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur. Untuk bantuan operasional Posko Penanganan Darurat Bencana sebesar Rp. 250.000.000.

Bupati Suharti Bur merincikan kondisi bencana, Kami laporkan kepada Bapak kepala BNPB, bahwa musibah  banjir  dan tanah longsor di daerah kabupaten Padang Pariaman, 4000  jiwa warga yang terdampak, diantaranya korban Jiwa 3 Orang. 974 unit rumah warga terendam banjir. Lahan pertanian 334 Ha.

62 titik banjir, 38 titik longsor, 151 unit infrastruktur rusak,  seprti jalan, jembatan, bangunan infrastruktur kesehatan dan Air bersih, adapun lokasi yang terkena banjir dan longsor tersebut, tersebar di 17 kecamatan, 52 Nagari. Sebut Suharti Bur dalam laporannya.

Selanjutnya Suhatri Bur juga menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan yang diserahkan dari BPBD, ini bentuk kepedulian Pemerintah Pusat melalui BNPB, hadir di tengah tengah masyarakat yang tertimpa musibah di Sumatera Barat, khsusnya di Padang Pariaman.

“Atas nama masyarakat Kabupaten Padang Pariaman Kami ucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Bapak kepala BNPB yang telah hadir dan memberikan Bantuan langsung untuk masyarakat, ini akan meringankan beban daerah dalam menangani musibah bencana alam” Pungkasnya

Usai kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi penanganan bencana banjir dan longsor dan penyerahan bantuan tersebut,  Sestama BNPB Dr. Rustian, S. Si., Apt., M. Kes, bersama  Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, didampingi Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur meninjau lokasi yang terdampak bencana.

Pada kesempatan itu juga hadir Sekretaris Daerah Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis, di lokasi yang digenangi air sungai menggerus pinggiran sungai, dikarenakan curah hujan yang tinggi, sehingga menyebabkan 17 rumah warga roboh dan hanyut, di Korong Talao Mundam Nagari Ketaping.

Pada kesempatan itu Bupati Padang Pariaman didampingi oleh Sestama BNPB Dr Rustian, APT serahkan bantuan Operasional Posko Penanganan Darurat Bencana dari BNPB berupa paket Sembako, Terpal, Susu, Pelampung, selimut, untuk kebutuhan masyarakat di Korong setempat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *