Tindakan Cepat Penanggulangan Bencana di Padang Pariaman, Suhatri Bur Apresiasi Semua Pihak

Padang Pariaman _ Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyampaiakan apresiasi dan terimakasih kepada semua pihak yang telah langsung terlibat dalam proses evakuasi dan penanganan korban bencana baik itu bencana banjir dan Longsor yang terjadi dalam wilayah Kabupaten Padang Pariaman pada kamis- Jum’at 7 s.d 8 Maret 2023. 

“Kita apresiasi teterlibatan TNI, dan Polri yang selalu terdepan dalam evakuasi, bersama Satgas Penanggulangan Bencana, selanjutnya teman teman dari tim Reaksi Cepat BPBD, seluruh Perangkat Daerah Camat dan Wali Nagari dan seluruh masyarakat yang bahu membahu dalam menghadapi bencana, ini merupakan pilar utama dalam penggulangan Bencanan,” Sebutnya mengapresisi.

Hal itu disampaikan Suhatri Burusai melayat di rumah duka korban tanah longsor di Korong Lapau Jambu Sungai Durian yaitu Bapak Syamsuar 70 th, dan Ibu Ermawati 65 th, Jum’at (8/3/2024). 

Dia pun menyampaiakn turut berduka dan belasungkawa, semoga almarhun dan almarhumah Husnul Katimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.

pada kesempatan itu juga, dia menyampaikan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman akan berupaya semaksimal mungkin melakukan penanganan secara cepat, tepat dan akurat atas bencana yang terjadi saat ini.

“Alhamdulillah berkat kerjakeras semua Tim dan seluruh masyarakat, material Longsor yang menimbun badan jalan raya Pariaman-Sicincin di Korong Lapau jambu Nagari Sungai Durian Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman sudah dibersihkan sehingga jalan raya tersebut sudah dapat dilewati oleh kendaraan.Begitu juga untuk beberpa jalur lain yang yang terganggu akibat longsor seperti jalan raya Sungai Limau – Sei Geringging” Sebut Suhatri Bur 

Dirinya menambahkan, walau kita memiliki keterbatasan alat berat, namun untuk beberapa titik seperti Kec 2x 11 Kayu Tanam, Kecamatan 2×11 Enam Lingkung, dan kecamatan Lb Alung kita akan meminta bantuan kepada HKI. 

Namun Suhatri Bur tak lupa terus mengimbau kepada seluruh masyarakat di wilayah Padang Pariaman, mengingat masih adanya curah hujan walau dalam intensitas rendah namun tetap ada potensi terjadinya banjir serta tanah longsor sehingga perlu adanya peningkatan kewaspadaan.

“Yang perlu kita waspadai potensi curah hujan masih ada, berpeluang adanya banjir dan longsor susulan, maka perlu terus meningkatkan kewasapadaan” Ucap Suhatri Bur.

Suhatri Bur terus berpesan kepada semua pihak, mulai dari aparatur pemerintahan, Satgas penanggulangan bencana yang didalamnya ada Bapak Bapak Kita dari TNI, Polri serta seluruh masyarakat ranah dan rantau untuk terus berkoordinasi dan berkontribusi dalam melakukan tugas tugas mulya dalam membantu masayarakat yang sedang tertimpa musibah baik secara tenaga, material, maupun secara moril.

Sementara untuk penanganan darurat korban bencana Sekretaris Daerah Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis secara sigab menggelar langsung pimpin rapat Koordinasi Bersama stekholder tarkait, rakor tersebut juga dilakukan secara Daring melalui zoom meeting dengan dengan para kepala OPD, camat, dan Wali Nagari serta stakaholder terkait lainnya,di Ruang Dillo Jum’at Sore 08/3/2024

Rudy melaporkan bahwa penanganan darurat yang sdh dilakukan Pemerintah Daerah Kab. Padang Pariaman saat maupun pasca terjadinya Bencana, sesuai dengan tupoksi dan kapasitas masing masing.

Dia menguraikan bahwa Bupati, Wakil Bupati Sekretaris Daerah beserta seluruh Perangkat Daerah yang terlibat, bersama dengan Satgas Penanggulangan Bencana Daerah seperti, TNI, Polri, Tagana, Forum penaggulangan Bencana beserta Camat, Wali Nagari Masyarakat langsung meninjau kelapangan melihat kondisi banjir, tanah longsor dan korban yang terdampak.

“Selanjutnya kita terus melakukan koordinasi inten bersama BPBD  dengan stakeholder terkait, tak perlu menunggu pasca melakukan peninjauan, guna melakukan inventarisasi kondisi terkini dan langkah penanganan Darurat” Tambahnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *