Sebagai Bentuk Penghormatan Detik-Detik PeringatanHut RI ke-75 Seluruh Aktivitas Dihentikan Sejenak

Kabardaerah.com, Painan – Raungan bunyi sirine kendaraan Satlantas Polres Pesisir Selatan siaga didepan taman spora Painan, sebagai bentuk penghormatan detik-detik peringatan HUT RI ke-75 tahun 2020, pukul 10.17 Wib, Senin (17/8/20).

Bersama Polri, TNI dan Dinas Perhubungan aktifitas masyarakat, kendaraan warga melintas diruas jalan depan taman spora Painan dihentikan sementara selama 3 menit.

Kepala Bagian Kesbangpol Pesisir Selatan, Hardi Darma Putra menyebutkan, hal itu berlaku untuk seluruh wilayah di Pesisir Selatan, tidak hanya di pusat pemerintahan namun juga di pelosok dengan menyaksikannya melalui televisi di rumah-rumah masing-masing.

“Yang berjalan (berkendara) atau beraktivitas (di rumah) pukul 10.17 sampai pukul 10.20, itu diharapkan untuk berhenti sejenak,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, imbauan untuk menghentikan aktivitas saat pengumandangan lagu Indonesia Raya di daerah itu, sesuai dengan pedoman pelaksanaan HUT RI  ke-75 tahun di Kabupaten Pesisir Selatan.

Sebab, selain untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap kemerdekaan RI, juga untuk merangsang semangat dalam merayakan hari kemerdekan sebagai wujud perhargaan atas perjuangan para pendahulu bangsa.

Ia menjelaskan, imbauan untuk menghentikan aktivitas saat pengumandangan lagu Indonesia Raya di daerah itu, sesuai dengan pedoman pelaksanaan HUT RI ke-75 tahun di Kabupaten Pesisir Selatan.

Sebab, selain untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap kemerdekaan RI, juga untuk merangsang semangat dalam merayakan hari kemerdekan sebagai wujud perhargaan atas perjuangan para pendahulu bangsa.

“Pengecualian penghentian aktivitas sejenak, berlaku bagi warga dengan aktivitas membahayakan diri sendiri atau orang lain,” terangnya.

Menurutnya, untuk mengetahui detik-detik pengumandangan lagu Indonesia Raya dari Istana, nanti bakal ditandai dengan gaungan sirine di 10 titik lokasi, diantaranya seperti Kota Painan dan bebarpa titik lainnya.

“Masing-masing titik akan dilengkapi dengan ambulan atau kendaraan yang memiliki sirine, yang dilakukan oleh Disnas Perhubungan dan Dinas Kesehatan,” tutupnya.

Reporter: Efrizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *