Desa Silungkang Oso, Layak Diberi Julukan Sebagai Desa Penuh Inovasi.


Walikota Sawahlunto, Deri Asta SH dan Sekdako Sawahlunto DR dr Ambun Kadri MKM menghimbau agar seluruh perangkat pemerintahan kota melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga kepada pemerintahan terdepan, desa untuk melakukan berbagai langkah inovasi, sesuai dengan visi Kota Sawahlunto.

Pemerintah Desa (Pemdes) Silungkang Oso Kec Silungkang, dalam rangka uji coba kolam renang mudiak lugha pada Minggu (14/2), kedatangan para pewarta Sawahlunto yang tergabung dalam PWI Kota Sawahlunto. Kedatangan rombongan ini, guna melihat langsung kondisi terakhir pemandian yang berada di desa ini, yang diketahui merupakan salah satu desa yang telah melakukan inovasi, yang didengung dengungkan oleh Pemko Sawahlunto akhir akhir ini, guna mampu membangkitkan ekonomi warga masyarakatnya, pasca pandemi.

Melihat kondisi yang ada, walau bersifat lokal namun dengan antusiasnya para pengunjung yang datang, memberi aura positif yang sangat tinggi dengan terbukanya lahan untuk sumber ekonomi keluarga bagi warga masyarakat sekitar (berdagang makanan atau kuliner) nantinya, setelah kolam pemandian ini resmi berjalan atau beroperasi (Maret 2021) yang rencananya akan dikelola langsung oleh masyarakat setempat, melalui Pokdarwis (kelompok sadar wisata) Panorama Desa Silungkang Oso.

Karena ke depannya, terbuka lebar peluang untuk menjadikan kolam renang ini sebagai icon wisata air, di Desa Silungkang Oso, Kec Silungkang Kota Sawahlunto. Mengingat, Desa Silungkang Oso merupakan salah satu desa yang relatif memiliki berbagai objek wisata alam yang belum tergali namun ke depannya, sangat memungkinkan untuk dikembangkan. Seperti air terjun, yang cukup unik dan menarik berjarak sekitar 500 m dari lokasi pemandian Mudiak Lugha ini.

Selain wisata alam di atas, kita ketahui Silungkang Oso masih punya objek wisata Batu Runciang yang sudah “mendunia,” dan pengembangan Guo Kelambu, Ngalau Basurek serta pemandangan alam yang elok dan asri, utamanya di kawasan puncak Microwave.

Dan hal yang telah dilakukan ini, “merupakan sebagai salah satu bentuk wujud dari langkah inovasi yang justru sudah dilakukan oleh Desa Silungkang Oso, guna untuk membangkitkan ekonomi warga masyarakatnya, ” pungkas Risko dari kelompok Pokdarwis Panorama, Silungkang Oso mengakhiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *