Untuk Memperkuat Jaringan, Sawahlunto Meningkatkan Koordinasi Dengan Pemerintah Pusat.

Walikota Sawahlunto Deri Asta SH dan Ketua DPRD Kota Sawahlunto Eka Wahyu SE secara bersama dan sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya, mendatangi Menteri Sosial RI Tri Rismaharini di Jakarta, Selasa (2/3).

Kedatangan robongan ini untuk menyampaikan langsung sejumlah usulan kepada Menteri Sosial RI. Berbagai usulan penting tersebut diantaranya, pengajuan Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Sosial, revitalisasi makam M. Yamin, pemberdayaan Karang Taruna, pengajuan Adinegoro sebagai pahlawan nasional dan terakhir, penawaran Sawahlunto untuk menjadi tuan rumah, Bulan Bakti Nasional Karang Taruna Tahun 2022/2023.

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini berkenan menerima rombongan Walikota Sawahlunto Deri Asta dan Ketua DPRD Sawahlunto Eka Wahyu bersama dengan Dirjen Dayasos Kemensos RI, Edi Soeharto. Menteri Tri Rismaharini sangat antusias saat mendengar ekspose yang disampaikan secara bergantian oleh Deri Asta dan Eka Wahyu. Bahkan Mensos sangat terkesan dengan Songket Silungkang sebagai salah satu “buah tangan” dari Sawahlunto.

“Alhamdulillah, kunjungan kita diterima dengan baik. Bahkan ibu Menteri banyak bertanya tentang Sawahlunto, terutama situasi dan permasalahan sosial. Beliau menjanjikan untuk segera membahas apa saja yang telah kita ekspose dan diajukan, agar dapat segera ditindaklanjuti,” ungkap Walikota Deri Asta seusai pertemuan.

Lebih lanjut Walikota Deri Asta menyatakan, “Pemko Sawahlunto saat ini memang sedang gencar menjalin sinergi guna meningkatkan koordinasi dengan pemerintah pusat. Hal ini dilakukan, semata untuk mengoptimalkan pembangunan di daerah, utamanya dalam pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

“Dengan keterbatasan dana APBD namun hendaknya kita tetap dapat meningkatkan pembangunan dan berbagai kegiatan pelayanan kepada masyarakat. Karenanya, kita berharap adanya kontribusi dari pemerintah pusat terhadap berbagai perencanaan yang telah kita lakukan dan kewenangan untuk merealisasikannya, berada di pemerintah pusat. Oleh sebab itu, kita perlu meningkatkan sinergi dan koordinasi degan pusat,” urai Walikota Deri Asta.

Rombongan kecil Sawahlunto, selain Ketua DPRD dalam kunjungan ke Kemensos RI ini, juga didampingi oleh dua (2) anggota DPRD Kota Sawahlunto, Irland Muhammad dan Iwan Kurniawan. Sementara dari pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mendampingi Walikota Deri Asta, Kepala Dinsos – PMD PPA Efriyanto dan Sekretaris Dewan (Sekwan), Dedi Syahendry.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *