Buat Sejarah Baru, Eka Putra Satu-satunya Kepala Daerah Sumbar Masuk 10 Besar Bupati Terpopuler se-Indonesia

TANAH DATAR, KABARDAERAH.COM — Walau belum genap satu tahun menjabat sebagai Bupati Tanah Datar, Eka Putra mencatat sejarah baru, gaya kepemimpinan dan kedekatan dengan media dilirik banyak lembaga, termasuk salah satunya Indonesia Indicator (I2), yang menobatkan sebagai 10 besar bupati terpopuler se Indonesia.

Dan Eka Putra merupakan satu-satunya kepala daerah di Sumatera Barat yang dianggap terpegah (terpopuler) di media online menurut I2, dan masuk urutan ke enam dari 10 bupati terpopuler di Indonesia dengan 5.844 berita di media online.

Indonesia Indicator (I2), adalah sebuah perusahaan Intelijen Media dengan menggunakan piranti lunak Artificial Intelligence (AI) yang menilai seluruh kepala daerah, baik kabupaten maupun kota se Indonesia.

Seperti dikutip kilat.com jika Indonesia Indicator telah menobatkan 10 nama kepala daerah di Tanah Air sebagai Wali Kota dan Bupati Terpegah dan Paling Berpengaruh 2021 di media massa serta media sosial. Dan mereka terekam dari 28.779.574 berita yang diekspose 6.470 media siber di Indonesia.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang, dalam siaran persnya, di Jakarta, Kamis (30/12/21) mengatakan pemberitaan Gibran menjadi yang paling besar sepanjang 2021.

Popularitas Gibran terdongkrak karena kerap dikait-kaitkan dengan ayahnya, Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, Bupati terpegah versi I2 menempatkan Bupati Bogor Ade Yasin sebagai yang terpegah (terpopuler) dan paling berpengaruh sepanjang 2021. Nama Ade Yasin menghiasi media dalam 13.901 berita yang mengutip pernyataan sebanyak 45.088 pernyataan terutama terkait isu COVID-19.

Ekspose media online terkait AdeYasin, antara lain mengenai level dan implementasi PPKM di Kabupaten Bogor serta proses vaksinasi COVID-19. Selain itu, ada pula mengenai bencana banjir di sejumlah wilayah Kabupaten Bogor dan UMK Bogor 2022,” kata Rustika.

Posisi kedua bupati terpegah diduduki Bupati Jember Hendy Siswanto dengan 7.329 berita. Sosok Hendy banyak dibicarakan soal infrastruktur seperti memberikan fasilitas jalan yang layak untuk warganya, memperhatikan sektor pariwisata, hingga isu menyerahkan gajinya selama menjabat untuk warganya yang membutuhkan.

Bupati Siak Alfedri menempati posisi ketiga Bupati Terpegah dengan 6.835 berita.

“Alfedri banyak diberitakan dalam isu vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Siak dan pelantikannya sebagai Bupati Siak Periode 2021-2024,” kata Rustika.

Peringkat keempat Bupati Terpegah ditempati Bupati Gresik, Fandi Ahmad Yadi dengan 6.225 berita. Peringkat kelima hingga sepuluh masing-masing ditempati oleh Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Bupati Tanah Datar Eka Putra 5.844 berita, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar 5.627 berita, Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya 5.627 berita, Bupati Luwu Indah Putri Indriani 5.543 berita dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dengan jumlah pemberitaan sebanyak 5.154.

“Kepedulian mereka dalam penanganan COVID-19 dan terutama dalam isu target vaksinasi paling banyak menyita perhatian media di daerah masing-masing,” kata Rustika.

Untuk Walikota terpegah, kata Rustika Gibran yang paling populer menyusul posisi kedua Wali Kota Terpegah 2021 ditempati Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution dengan 23.496 berita.

Wali Kota Bogor Bima Arya menjadi Wali Kota Terpegah ketiga dengan 21.144 berita.

“Bima Arya mendapat ruang pemberitaan paling besar di media seiring dengan kebijakannya menangani pandemi COVID-19,” ucapnya.

Posisi keempat Wali Kota Terpegah ditempati oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi 19.389 berita. Wali Kota Batam Muhammad Rudi menduduki posisi kelima dengan 17.567 berita.

Peringkat keenam hingga sepuluh masing-masing ditempati oleh Wali Kota Pekanbaru, Firdaus 13.272 berita, Wali Kota Bandung almarhum Oded M Daniel 12.836 berita, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto 12.235 berita, Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah 11.541 berita dan Wali Kota Malang Sutiaji 10.367 berita. (Al/sumber : kilat.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *