Gubernur Sumbar Buka MTQ ke 40, Bupati Pesel : Seni Baca Al Qur’an Perlu Lebih Digiatkan dan Dikembangkan

Pessel, KabarDaerah.com – Bupati Pesisir Selatan., Rusma Yul Anwar sambut Gubernur Sumatera Barat., Mahyeldi Ansharullah dalam rangka pembukaan MTQ Ke-40 Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan (Kab Pessel) di Ranah Ampek Hulu Tapan, Sumatera Barat (Sumbar), Senin (18/07/22).

Dalam sambutannya, Bupati Pessel., Rusma Yul Anwar mengungkapkan MTQ bukan sekedar kegiatan seremonial belaka, namun lebih kepada menumbuhkan semangat dan generasi cinta Al-Qur’an.

Lantunan-lantunan irama ayat Al-Qur’an selama pelaksanaan pada akhirnya harus mampu menciptakan suasana kehidupan yang religius di tengah kehidupan bersama, khususnya di Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan.

“Jadi, selain mencari prestasi, juga harus menumbuhkan semangat cinta dan gemar membaca Al-Qur’an,” ungkap Rusma Yul Anwar.

Pada MTQ yang dibuka Gubernur Sumbar., Mahyeldi Ansharullah itu dihadiri Wakil Bupati Pessel., Rudi Hariyansyah, Tokoh Masyarakat Perantau Tapan Lunang Silaut., Syamsul Rakan Chaniago, Sekdakab., Mawardi Roska.

Camat Rahul Tapan., Mar Alamsyah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Camat Silaut., Syamwil, Pimpinan Cabang Bank Nagari Painan., Helfi Yandrika dan Cabang Tapan OKI Hasan dan tokoh masyarakat Rahul.

Rusma Yul Anwar melanjutkan dengan semangat cinta Al-Qur’an diharapkan terwujud kehidupan beragama dan berbudaya sesuai falsafah adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah.

Kemudian semangat cinta Al-Qur’an diharapkan semakin membumikan Syiar agama Islam di Pesisir Selatan, karena Al-Qur’an merupakan sumber inspirasi sekaligus ilmu pengetahuan yang tak pernah habis digali.

“Saya berharap seni baca Al-Qur’an perlu lebih digiatkan dan dikembangkan di Kab Pessel,” ujar Rusma Yul Anwar.

Selanjutnya, melalui peyelenggaraani MTQ senantiasa diarahkan pada penumbuhan kafilah-kafilah profesional dari generasi muda daerah yang akan membawa prestasi bagi dirinya dan Pemerintah Daerah (Pemda).

Karena itu, kata Rusma Yul Anwar, dirinya meminta pada dewan hakim agar melakukan penilaian yang objektif, sungguh-sungguh, ikhlas dan bertanggung jawab, sehingga melahirkan Qori dan Qoriah terbaik daerah.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumbar., Mahyeldi Ansharullah menyampaikan, bahwa pelaksanaan MTQ diyakini mampu melahirkan generasi muda yang unggul, berprestasi dan bertanggungjawab.

Kemudian melahirkan generasi muda Minang yang berakhlak Al-Qur’an, karena Al-Qur’an mengajarkan mana yang baik dan yang buruk. Mana yang Haq dan yang bathil, mana yang benar dan yang salah.

“Semoga berkah MTQ meliputi kita semua, khususnya masyarakat Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan dan Pesisir Sekatan,” sebut Mahyeldi. (PBP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *