Peduli Bencana, Pemko Sawahlunto Antisipasi Rumah Warga dari Bahaya Longsor


Sawahlunto, KabarDaerah.com – Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto memberikan bantuan untuk pembangunan dam (tembok penahan) tebing dalam upaya mencegah longsor yang akan melanda rumah warga, milik Muslim, warga Dusun Tanjung Sago, Desa Batu Tanjung, Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto, Senin (10/10/22).

Wali Kota (Wako) Sawahlunto., Deri Asta, SH mengatakan, bahwa bantuan ini merupakan wujud nyata dari komitmen Pemko Sawahlunto, peduli dengan hadir untuk meringankan beban warga yang ditimpa bencana.

“Rumah Muslim ini sudah sangat rawan longsor dari tebing disamping rumahnya. Sekarang saja, sudah mulai ada longsoran yang menimpa sebagian dinding rumah, sehingga tentu sangat mengancam keselamatan jika tidak ada tindakan pencegahan,” ungkap Deri Asta.

Tindakan pencegahan yang dilakukan Pemko Sawhalunto, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dengan membantu pembangunan tembok penahan di tebing tersebut dengan pembiayaannya dibantu sebesar Rp.10.000.000,- (sepuluh juta rupiah).

Deri Asta juga menyebutkan, bahwa Pemko Sawahlunto telah dan secara terus menerus mengalokasikan anggaran untuk membantu biaya perbaikan rumah warga masyarakat yang rusak akibat bencana.

“Untuk jumlah bantuan yang diberikan kepada tiap rumah bisa berbeda, sesuai dengan hasil survey lapangan oleh tim terkait,” pungkas Deri Asta.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sawahlunto., Adriyusman mengatakan, bahwa nanti pihaknya akan turun langsung mendukung pembangunan dam tersebut, antara lain dengan menurunkan alat berat untuk menggali tanah.

“Kita akan kolaborasi juga dengan Pemerintah Desa (Pemdes) dan warga setempat. Untuk saling bergotong royong nantinya,” ucap Adriyusman.

Sementara itu, Muslim menyampaikan terima kasihnya kepada Pemko Sawahlunto atas bantuan yang telah  diberikan.

“Hal ini sangat membantu sekali bagi kami, agar resiko rumah dari longsor bisa diantisipasi. Kalau tidak, saya dan keluarga penghuni rumah tentunya akan  sangat ketakutan dan was-was. Apalagi kalau sudah datang musim hujan,” pungkas Muslim sambil mengakhiri.

 

Reporter  :  Fidel

Editor       :  Robbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *