Antisipasi Banjir, Babinsa Parak Gadang Timur Bersama Warga Lakukan Pengecekan Sungai Kecil

Padang, KabarDaerah.com – Babinsa Parak Gadang Timur., Sertu Riky Bakri dan Ketua RT 03 bersama warga melakukan pengecekan sungai kecil di RT 03, RW 08, Kelurahan Parak Gadang Timur, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Minggu (19/02/23).

Danramil 02/Padang Timur., Kapten Irsyad melalui Babinsa Parak Gadang Timur., Sertu Riky Bakri mengatakan, kita melakukan pengecekan sungai kecil ini, karena kita akan melaksanakan gotong royong (goro) bersama warga.

“Aliran air sungai kecil sudah mulai macet diakibatkan menumpuknya sampah-sampah plastik,” ucap Sertu Riky Bakri.

Sertu Riky Bakri menyampaikan, adapun kegiatan goro ini sudah sering dilakukan warga setempat, minimal 1 x sebulan guna mengantisipasi terjadinya banjir.

“Setelah nantinya dibersihkan sungai kecil ini, warga akan membuat tempat ikan larangan dan akan di isi bibit ikan sebanyak 500 ekor,” ujar Sertu Riky Bakri.

Gotong-royong pembersihan aliran sungai kecil sangatlah penting bagi warga, agar sungai tidak tersumbat oleh sampah dan rerumputan yang tumbuh diseputaran pinggiran sungai.

“Apabila aliran sungai kecil ini tersumbat, maka air sungai bisa meluap,” kata Sertu Riky Bakri.

Sertu Riky Bakri menambahkan, bahwa ini salah satu fungsi Babinsa harus tahu kondisi dan situasi, pembersihan sungai ini.

“Sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan sehingga Babinsa sering mengajak warga untuk kegiatan karya bakti dan pembersihan sungai yang banyak sampah-sampah plastik,” tutup Sertu Riky Bakri.

 

Reporter  :  Muslimat

Editor       :  Robbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *