Dalam  Meningkatkan Kunjungan Wisata, Disparpora Sawahlunto Melakukan Berbagai Terobosan

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Untuk meningkatkan kunjungan wisata di Kota Sawahlunto, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Sawahlunto, Adriyusman pada Senin pagi (26/6) melakukan coffe morning bersama para awak media Sawahlunto di aula Disparpora Sawahlunto.

“Pemko Sawahlunto melalui Disparpora menilai, suatu daerah memang tidak akan bisa melakukannya sendiri. Perlu adanya kolaborasi atau kerjasama dengan berbagai pihak pihak, termasuk dengan insan pers,” ujar Kadis Adriyusman.

Dari hasil evaluasi yang dilakukan pasca lebaran kemaren, terdapat berbagai faktor yang menyebabkan wisatawan datang dan berkunjung ke suatu wilayah.

“Walaupun bagus destinasinya,  jika tidak ditunjang oleh infrastruktur yang baik untuk menuju  lokasi wisata, tentunya lokasi tersebut tidak akan berkembang sebagai daerah tujuan wisata, dan kalaupun bagus destinasinya tapi tidak dipromosikan dengan secara baik, juga tidak akan menguntungkan bagi  destinasi wisata. Jadi, tentunya harus saling ada keterkaitan antara satu sektor dengan sektor lainya. Karenanya, pembangunan sektor pariwisata tidak bisa terlepas dari kolaborasi berbagai pihak, termasuk juga dengan rekan media,” ungkap Kadisparpora Sawahlunto, Adriyusman

Kadis Adriyusman juga memaparkan hal yang terkait dengan kunjungan wisata ke Kota Sawahlunto. Total kunjungan wisata ke Kota Sawahlunto pada tahun ini, atau hingga Mei 2023 telah mencapai sejumlah 119  ribu 824 pengunjung dengan target 150 ribu orang pengunjung pada tahun 2023. Artinya,  masih ada 34 ribu orang lagi yang harus dikejar, sehingga target kunjungan ini bisa didapat hingga akhir Desember 2023, tentunya dengan berbagai kegiatan yang dapat menunjang perekonomian masyarakat.

“Pariwisata harus berdampak kepada ekonomi masyarakat. Untuk itu, kami akan terus mendorong berbagai iven, baik nasional maupun berskala internasional, seperti sport tourisme Kejurnas Pacu Kuda, Kejurnas Wall Climbing dan bentuk iven lainnya,” pungkas Kadis Adriyusman menambahkan.

Berbagai upaya akan terus dilakukan oleh Disparpora Sawahlunto, dengan melakukan berbagai pembenahan objek wisata. Seperti, penambahan wahana Glamping dan penambahan Cottage di Camping Ground Kandi, serta kembali membangkitkan desa wisata.

Dan dorongan melalui dana desa masing masing, untuk menbangkitkan potensi wisata di berbagai desa yang ada, harus dilakukan. Potensi ini, sangatlah besar namun belum terggarap secara optimal.

Sementara itu, Kabid Pemasaran dan Ekonomi Kreatif, Meldi Hidayah Marta menginformasikan bahwa, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar Sawahlunto Creative Corners 1 Juli 2023. Selain itu, Field Trip Edukasi pelajar Korea Selatan pada tanggal 30 Juli 2023, serta Kejuaran Nasional Pacu Kuda dan iven besar,  Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCa) pada 7 sampai 10 September 2023 mendatang.

“Kita juga akan mensukseskan Jambore Geopark Indonesia yang akan digelar pada 25 – 30 Juli 2023 ini,” ungkap Kabid Meldi Hidayah Marta mengakhiri. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *