Tiga Wali Nagari Padang Pariaman Raih Penghargaan Nasional Paralegal Justice Award Tahun 2023

Padang Pariaman _ Tiga Wali Nagari di Padang Pariaman meraih anugerah dan penghargaan tingkat nasional. Wali Nagari Lareh Nan Panjang Kecamatan VII Koto Muskinta meraih Anugerah Paralegal Justice Award Tahun 2023. Sedangkan Wali Nagari Lareh Nan Panjang Selatan Kecamatan VII Koto dan Wali Nagari Padang Toboh Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis Bakhri mendapat Anugerah Anubhawa Sasana Desa Jagaddhita Tahun 2023.

Penghargaan tersebut, diterima pada malam Anugerah Paralegal Justice Award yang diseleggarakan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM, bertempat di Ballroom Discovery Hotel Ancol Jakarta, pada Kamis (01/06/2023).

Paralegal Justice Award itu sendiri merupakan penghargaan yang diberikan oleh BPHN Kemenkum HAM sebagai bentuk apresiasi bagi para kepala desa/Wali nagari yang berprestasi dan memberikan pengabdian terbaiknya untuk masyarakat, bangsa, dan negara.

Hal utama yang menjadi pendorong diadakannya Paralegal Justice Award ini adalah peran Kepala Desa/Wali Nagari sebagai pemimpin di masyarakatnya. Dalam memimpin mereka memiliki peran dan pengalaman dalam mendamaikan dan menyelesaikan masalah-masalah hukum warganya, serta mendorong pertumbuhan investasi, pariwisata dan membuka lapangan kerja.

Kabag Hukum Sekretariat Daerah Padang Pariaman Riki Zakaria menerangkan bahwa sebelum penyerahan penghargaan, ketiga Wali Nagari tersebut bersama 300 orang Kepala Desa/ dari 765 pendaftar yang berasal dari 30 Provinsi dan 123 Kabupaten/Kota telah terjaring sejak dimulainya dibukanya pendaftaran Paralegal Justice Award, 10 Februari 2023 hingga pada 12 April 2023 yang lalu.

Lebih lanjut Riki menjelaskan, 300 orang Kepala Desa/Nagari tersebut telah mengikuti Paralegal Academy pada tanggal 29 Mei 2023 hingga 31 Mei 2023 dalam rangka penguatan kompetensi agar menjadi Paralegal yang SIAP (Solutif, Inklusif, Akomodatif, dan Partisipatif) dalam menyelesaikan setiap konflik permasalahan hukum di masyarakat.

Ketiga wali nagari yang tugaskan berdasarkan Surat Perintah Tugas dari Bupati Padang Pariaman Nomor 094/SPT/Hukum/2023, untuk mengikuti Paralegal Academy dan Penganugerahan Paralegal Justice Award bagi Kepala Desa/Lurah sebagai Non Litigation Peacemaker dan Penghargaan Anubawa Sasana Desa Jagaddhita yang dilaksanakan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia melalui Badan Pembinaan Hukum Nasional bekerjasama dengan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

“Sebelumnya, pelaksanaan Paralegal Academy dilaksanakan selama 5 hari, karena mereka telah hadir dan membantu warganya menyelesaikan masalah dengan mediasi kepada para pihak yang bersengketa dan dapat diselesaikan di kantor Nagari,” ungkapnya kepada media ini, kemarin Jumat (02/06/2023).

Lalu katanya, “Paralegal, merupakan komponen penting dan garda terdepan dalam pencapaian akses terhadap keadilan terutama dalam hal pemberian bantuan hukum dan pemberdayaan hukum bagi masyarakat,”. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *