Geopark Ranah Minang Camp Kota Sawahlunto Resmi Dibuka oleh Gubernur Sumbar

Sawahlunto, KabarDaerah.com – Gubernur Sumbar., Mahyeldi Ansharullah secara resmi membuka kegiatan Jambore Geopark Ranah Minang atau Geopark Ranah Minang Camp Tahun 2023 yang dilaksanakan di area Camping Ground Kandih, Kota Sawahlunto, Rabu (26/07/23) siang.

Gubernur Sumbar., Mahyeldi mengatakan, bahwa Pemprov Sumbar sangat mendukung pengembangan kawasan melalui konsep Geopark yang berpilar kepada konservasi, edukasi dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Potensi Geopark Sumbar, berpusat diberbagai titik, dibeberapa Kabupaten / Kota, seperti kawasan Ngarai Sianok, Kawasan Harau, Danau Maninjau,Tarusan Kamang, Lintau Buo, Danau Singkarak, Danau Kembar, Kawasan Silokek, Tambang Batu Bara Sawahlunto, Goa Batu Kapa, Gunung Talamau, Geopark equator Pasaman dan daerah lainnya.

“Kita berharap dari jambore ini, bisa memperoleh peningkatan sinergi dan inovasi dalam mengelola maupun mengembangkan geopark. Dengan tujuan akhir dari geopark yang terkelola dengan baik maka berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat disekitarnya serta terlindunginya potensi-potensi kekayaan alam,” ujar Mahyeldi.

Kota Sawahlunto, mendapat kepercayaan menjadi lokasi penyelenggaraan atau tuan rumah Jambore Geopark Nasional Tahun 2023 yang akan berlangsung dari 25 sampai 28 Juli 2023.

Mahyeldi mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kota Sawahlunto sebagai tuan rumah yang sekaligus sebagai kota yang memiliki potensi Geopark dan saat ini sedang diajukan menjadi UNESCO Global Geopark.

Para ahli geologi menilai, Kota Sawahlunto mempunyai Geopark yang kaya dan unik. Sehingga, sudah layak untuk maju ke tingkat Internasional  UNESCO Global Geopark (UGG).

Wali Kota (Wako) Sawahlunto., Deri Asta, SH mengucapkan selamat datang dan selamat menikmati, suasana Geopark Sawahlunto.

“Silahkan bersilahturrahmi, berdiskusi dan menjelajahi seperti apa Geopark Sawahlunto atau yang kita populerkan dengan tema jendela cekungan Ombilin. Semoga, banyak relasi dan referensi yang bisa didapatkan di Sawahlunto,” ungkap Deri Asta.

 

Reporter  :  Fidel

Editor       :  Ronnald

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *