Kejuaraan Pacu Kuda Nasional, Menjadi Ajang Wisata dan Membangkitkan UMKM Sawahlunto

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Kejuaraan Nasional Pacu Kuda Pordasi ke-57 Tahun 2023, di Kota Sawahlunto, Sumbar,  sekaligus  menjadi ajang dari rangkaian babak kualifikasi PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024Kita ketahui, babak penyisihan awal Kejuaraan Nasional (Kejurnas) pacu kuda Persatuan Olahraga berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) ke-57 seri I,  telah dilaksanakan pada Minggu lalu (16/7), yang juga berlangsung   di Gelanggang Pacu Kuda  Kandi, Kota Sawahlunto.

Pada babak penyisihan seri I ini, terdapat sembilan (9)  provinsi dengan 63 ekor kuda,  yang berpartisipasi. Seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi Utara, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Aceh, Riau dan tuan rumah Sumatera Barat.

Babak final, akan diselenggarakan pada Minggu besok (30/7), di gelanggang pacuan kuda Kandi Kota Sawahlunto.

Ketua umum Pordasi, Tri Wati Marciano,  didampingi oleh Ketua Pordasi Sumbar, Deri Asta SH dan Ketua Pordasi Sawahlunto Jhon Revlita mengatakan bahwa, seri I dan II baru pertama kali dilaksanakan di luar pulau Jawa dan  kepercayaan itu didapat oleh Kota Sawahlunto.

Fasilitas yang telah disiapkan diantaranya, kolam kuda, pertama ada di Indonesia dan fasilitas kandang dan tribun penonton  yang telah dilengkapi wc.

Disamping itu, “tak kalah pentingnya, dalam iven ini sekaligus untuk  bergeraknya UMKM di Kota Sawahlunto,” ungkap Ketum Pordasi Pusat  Tri Wati Marciano.

Untuk UKM Sementara itu,  panitia pelaksana kegiatan, telah menyiapkan lokasi bagi UMKM Sawahlunto.

Hadir pada Press Conference di Kandi, Sabtu siang (29/7), selain Ketum Pordasi Pusat, Walikota Sawahlunto, Deri Asta SH yang juga Ketua Pordasi Sumbar, Kadis Kominfo Sawahlunto, Nova Erizon beserta beberapa instansi terkait. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *