Pemko Sawahlunto dan Pemkab Sijunjung, Jalin Kerjasama

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Pemerintah Kota (Pemko)  Sawahlunto dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Sijunjung, pada Rabu siang (23/8) melakukan kerjasama, di bidang penanganan lingkungan hidup dan penanganan bencana.

Kerja sama tersebut,  secara resmi ditandai dengan penandatangan kesepakatan dan perjanjian kerja sama,  antara Walikota Sawahlunto,  Deri Asta SH  dengan Bupati Sijunjung,  Benny Dwifa Yuswir, di Balaikota Sawahlunto.

Selanjutnya, dilakukan  penandatanganan oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di kedua daerah, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DKP2LH) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Walikota Sawahlunto, Deri Asta menyampaikan bahwa melalui kerja sama ini, dapat  meningkatkan kinerja kedua daerah dalam pelayanan kepada masyarakat,  terkhusus di sektor lingkungan hidup dan penanganan bencana.

“Kita yakin,  kerja sama ini bisa membuat kita dapat  bergerak lebih cepat dan lebih efisien,  apalagi menyangkut pada masyarakat yang berdomisili di wilayah perbatasan Sawahlunto – Sijunjung. Ke depan, kerja sama ini akan kita perluas sektornya. Sehingga, bisa menyentuh bidang kesehatan, pertanian dan lain-lainnya,” ungkap Walikota Deri Asta.

Wako Deri Asta  menyebutkan, Sawahlunto dan Sijunjung mempunyai kedekatan sejarah, budaya dan sosial yang besar. Sehingga, hal itu bisa memberdayakan kerja sama yang ada menjadi lebih optimal.

“Kota Sawahlunto dan Kabupaten Sijunjung,  pernah menjadi satu daerah, saat masih berbentuk Kabupaten Sawahlunto Sijunjung. Kedekatan ini, haruslah menjadi kekuatan kita untuk sama-sama melayani masyarakat dengan lebih baik,” ujar Wako Sawahlunto Deri Asta.

Sementara itu, Bupati Sijunjung,  Benny Dwifa menyampaikan hal serupa, bahwa kerja sama ini  dalam rangka mewujudkan tujuan peningkatan kinerja pemerintah daerah dalam  mensejahterakan masyarakat dan memberdayakan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) di  kedua daerah.

“Apa yang masih kurang di Sijunjung,  bisa dibantu oleh Sawahlunto. Sebaliknya,  untuk yang masih kurang di Sawahlunto dari Sijunjung juga siap membantu. Hal inilah membuat  indahnya sebuah kerja sama. Masyarakat kita, tentunya akan menikmatinya nanti,” ujar Bupati Sijunjung Benny. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *