Pemko Sawahlunto, Siap Bantu Pelaku Usaha Dalam Perizinan Melalui OSS-RBA

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Pemko Sawahlunto, siap  membantu masyarakat yang memiliki usaha dalam mendapatkan perizinan usaha. Salah satunya, melalui Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA).

Sosialisasi OSS-RBA ini, dibuka secara langsung oleh Wakil Walikota Sawahlunto,  Zohirin Sayuti SE di Hotel Cahaya Talawi, Kota Sawahlunto, Rabu (30/8).

Wawako Sawahlunto berharap, agar  dukungan dan fasilitasi pemerintah untuk perizinan berusaha ini,  dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat.

Untuk mengenalkan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat pelaku usaha tentang OSS-RBA tersebut, Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMTSP Naker) Kota Sawahlunto melaksanakan Sosialisasi Penerapan OSS-RBA.

Kepala DPMTSP Naker, Dwi Darmawati menyampaikan bahwa peserta sosialisasi diikuti oleh  hampir 60 orang masyarakat yang mempunyai usaha di sektor pertanian.

“Untuk sosialisasi sekarang adalah angkatan ke-10, sasarannya kali ini, pelaku usaha pertanian atau yang memproduksi pangan segar dari tumbuhan. Untuk angkatan sebelumnya, kita telah memberikan sosialisasi OSS-RBA ini kepada sektor usaha lain,” ujar Dwi Darmawati.

Dijelaskan Dwi Darmawati, setelah sosialisasi ini maka DPMTSP Naker selanjutnya akan membantu memfasilitasi secara teknis masyarakat pelaku usaha untuk bisa mendapatkan perizinan berusaha seperti Nomor Induk Berusaha (NIB).

“Sekarang untuk mengurus NIB sudah bisa secara digital, yang bisa diakses melalui smartphone. Namun kalau masyarakat ada keraguan dan perlu didampingi, kita persilahkan datang ke Mall Pelayanan Publik (MPP), nanti bisa kita layani di sana sampai NIB-nya berhasil keluar,” ungkap Dwi Darmawati.

Sementara itu, tentang OSS-RBA,  merupakan perizinan berusaha yang diberikan kepada pelaku usaha untuk memulai dan menjalankan kegiatan usahanya yang dinilai berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *