DAERAH  

Resmi Dilantik Jadi Rektor Unand Periode 2023-2028, 

Resmi Dilantik jadi Rektor Unand Periode 2023-2028,

 

 

 

Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Andalas (Unand) resmi melantik Dr Efa Yonnedi sebagai Rektor terpilih masa bakti 2023-2028.

 

Efa Yonnedi dilantik menjadi Rektor Unand menggantikan Prof Yuliandri yang telah habis masa jabatan periode 2019-2023.

 

Dr Efa Yonnedi dilantik dan disumpah langsung oleh Ketua MWA, Sakti Wahyu Trenggono di Convention Hall Unand, Senin (20/11/2023) .

Seleksi oleh Senat Akademik Universitas menghasilkan tiga nama, yakni Prof. apt. Fatma Sri Wahyuni, Ph. D (13 suara), Dr. Efa Yonnedi, Akt (11 suara) dan Prof. Ikhwana Elfitri, Ph. D (10 suara). Tiga nama itu dipilih dari 12 bakal calon rektor.

 

Dalam pemilihan oleh Majelis Wali Amanat, Prof Efa Yonedi meraih 20 suara, Prof. apt. Fatma Sri Wahyuni, Ph. D meraih tiga suara dan Prof. Ikhwana Elfitri, Ph.D memperoleh dua suara.

 

Dalam membuka sambutannya, Rektor Universitas Andalas Efa Yonnedi mengutip kalimat dari salah seorang sahabat Nabi yakni Abu Bakar Sidiq.

 

“Saya hanya manusia biasa dan bukanlah terbaik diantara kita semua, jika melihat perbuatan saya benar maka dukunglah jika melihat itu salah maka luruskan,” ujarnya.

 

“Jabatan ini bukan jalan untuk kekuasaan Itu semua untuk pengabdian kepada masyarakat dan dukungan dari fakultas dan unit kerja yang berkontribusi untuk bangsa”

 

Lebih lanjut ia menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan dan berjanji akan membawa Universitas Andalas lebih berprestasi lagi.

 

“Menerima amanat yang sangat berat ini, saya terharu atas kepercayaan yang diberikan. Saya berjanji mempertahankan dan meningkatkan warisan prestasi tersebut Unand telah menjalani transformasi dari PTNBLU menjadi PTNBH,” terangnya.

 

Ia menilai, butuh komitmen bersama untuk memajukan pendidikan dan menghasilkan SDM yang unggul seperti saat ini.

 

“Terima kasih untuk rektor sebelumya yang telah memimpin proses transformasi yang kita capai saat ini. Pencapaian ini tidak lepas dari kerja keras dan kolaborasi kita semua, baik dosen, mahasiswa dan tenaga pendidikan. Ini adalah pilar kita menuju keberhasilan berikutnya,” paparnya.

 

Bagaimana terus kita berinovasi dan beradaptasi terhadap perkembangan zaman Untuk diketahui, pelantikan rektor Universitas Andalas ini merupakan yang perdana sejak perubahan status Unand, yang sebelumnya dari Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTNBLU), kini telah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

 

Sebelumnya, pada proses pemilihan, Efa Yonnedi berhasil meraih suara terbanyak dengan 20 suara dari total 25 suara MWA, sedangkan dua calon rektor lainnya yaitu Prof Fatma Sri Wahyuni, meraih 3 suara, dan Prof Ikhwana Elfitri, meraih 2 suara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *