Cooling System Pemilu 2024,Kapolres Pasbar Silaturahmi Dengan Tokoh Masyarakat

SUNGAIAUR,KABARDAERAH.COM-Sebagai upaya untuk mempererat tali silaturahmi, Polres Pasaman Barat menggelar Cooling System dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) jelang Pemilu 2024 di Masjid Raya Sungai Aur Aur yang bertempat di Jorong Koto Dalam, Nagari Sungai Aur, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (20/12/2023) siang.

Kegiatan yang dilaksanakan setelah pelaksanaan sholat dzuhur berjemaah ini dihadiri dari berbagai kalangan seperti para tokoh agama, tokoh masyarkat serta para pemuka adat yang ada di Kecamatan Sungai Aur.

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki yang didampingi oleh Kabag SDM AKP Feri Arjoni, Kasat Polair AKP Adri Mardoan, Kapolsek Lembah Melintang AKP Zulfikar serta personel Bhabikamtibmas Nagari Sungai Aur Aipda Rahmat Suandi melakukan dialog dan diskusi dengan para tokoh agama guna menjaga stabilitas keamanan baik sebelum, pada saat, maupun setelah pelaksanaan Pemilu 2024.

“Para tokoh agama, tokoh masyarakat serta para pemuka adat miliki peran penting dalam meredam isu-isu suku, agama, ras, antargolongan (SARA) dalam rangkaian kegiatan jelang Pemilihan Umum yang sebentar lagi akan kita laksanakan dan kami berharap dapat membantu tugas Kepolisian dalam mewujudkan kamtibmas yang kondusif,” ungkap Kapolres.

AKBP Agung Basuki kembali menjelaskan bahwa menjelang Pemilu 2024, Polres Pasaman Barat terus berupaya melakukan cooling system atau sistem pendinginan kepada semua pihak dalam mengantisipasi polarisasi atau perpecahan yang dapat menganggu stabilitas keamanan.

Diketahui, cooling system dilakukan untuk menjaga dan mencegah potensi gangguan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dengan melibatkan seluruh komponen bangsa sehingga kondusifitas kamtibmas yang aman dan sejuk.

Oleh karena itu, AKBP Agung mengatakan, dibutuhkan sinergitas dan soliditas bersama para tokoh agama, Forkopimda, serta stakeholder terkait lainnya yang ada di Kabupaten Pasaman Barat.

Salah satu pemuka agama H. Jefri Juanda akan menyuarakan agar seluruh masyarakat bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan menjelang dan hingga Pemilu 2024 sehingga berjalan aman dan damai dan akan menjembatani para tokoh agama lainnya untuk mendukung tugas-tugas Polri.

Kapolres menerangkan, dalam rangka mengantisipasi konflik dan polarisasi terkait pelaksanaan Pemilu serentak, Polri telah menyiapkan Satuan tugas Nusantara Cooling System untuk melakukan sistem pendinginan guna meredakan potensi kerawanan yang akan berdampak pada potensi konfik.

“Gangguan terkait politik identitas, polarisasi, hingga kampanye negatif kemungkinan bisa terjadi dalam pelaksanaan Pemilu yang akan datang di Kabupaten Pasaman Barat, karena pada tahapan Pemilu akan memiliki potensi kerawanan yang berbeda dan penaganan yang berbeda pula,” ungkap Kapolres.

Di moment pesta demokrasi ini, Kapolres Pasaman Barat mengajak masyarakat untuk tetap tingkatkan toleransi antar umat beragama, “jauhi faham radikalisme dan tetap bijak dalam menggunakan media sosial,” kata AKBP Agung.

Disamping itu, ia juga mengajak masyarakat untuk dapat berperan dalam upaya pemeliharaan kamtibmas diwilayah masing masing seperti mengaktifkan pos kamling.

Ia mengatakan apabila mengetahui adanya potensi gangguan kamtibmas ataupun membutuhkan pelayanan Polri segera menghubungi Call Center 110 atau bisa langsung menghubungi personel Bhabinkamtibmas di Nagari. (H/W)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *