Kecamatan Mapattunggul Dilanda Banjir, Tiga Akses Jalan Dikejorongan Putus

PASAMAN,KABARDAERAH.COM- Akses jalan Jorong Betung Busuk menuju Jorong Sibintayan dan Jorong Kampung Tongah menuju Jorong Muarotais Kecamatan Mapattunggul Kabupaten Pasaman putus. Putusnya akses antar kejorongan di dua kenagarian tersebut akibat dihantam banjir dan longsor, Senin 18 Desember 2023 dini hari tadi.

Akibatnya, ratusan masyarakat terisolasi di dua kenagarian tersebut. Dua nagari tersebut adalah Nagari Muarotais dan Nagari Muarotais Koto Gadang Kecamatan Mapattunggul.

Ketua Komisi II DPRD Pasaman, Yulisman ketika dikonfirmasi membenarkan peristiwa banjir dan longsor tersebut. Saat ini akses kedua kenagarian tersebut tidak bisa dilalui.

“Tadi pagi kita mendapat laporan dari bapak Walinagari Muarotais, Doni dan Walinagari Muarotais Koto Gadang, Samsir” kata Yulisman.

Menurut Yulisman, akses dari Jorong Betung Busuk menuju Jorong Sibintayan terdapat tiga titik lokasi longsor. Kemudian di Jorong Kampung Tongah menuju Jorong Muarotais ada jembatan pelimpas yang rusak parah dihantam banjir sehingga tidak bisa dilalui lagi.

“Kita berharap kepad Pemda Pasaman agar menurunkan alat berat untuk melakukan pembersihan material longsor. Dan mencari solusi agar akses jembatan yang putus bisa dilalui kembali” ujarnya.

Sebab, kalau akses empat kejorongan ini terputus akan berdampak besar terhadap kebutuhan sembako masyarakat. Karna masyarakat tidak bisa membawa kebutuhan sehari-hari ke kejorongan tersebut.

“Kit juga telah melaporkan peristiwa ini kepada bapak Bupati, BPBD dan Dinas PU. Semoga dinas terkait bisa langsung ke lapangan untuk meninjau lokasi bencana” sebutnya.

Reporter : Yondra

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *