Pemkab Pasbar Gelar Forum Konsultasi Publik RPJPD 2025-2045

PASAMANBARAT,KABARDAERAH.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat (Pasbar) menggelar Forum Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2025, Kamis (21/12) di Aula Kantor Bupati setempat.

Kegiatan dibuka oleh Bupati Hamsuardi didampingi Asisten III Raf’an dan Plt Kepala Bappelitbangda Ikhwanri serta dihadiri Staf Ahli, Kepala OPD, Kabag, Kabid hingga staf lingkup Pemkab Pasbar, camat, kepala instansi vertikal, organisasi profesi, organisasi wanita, bundo kanduang, utusan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Pasaman Barat, organisasi pemuda, organisasi kemasyarakatan, unsur media, Forum Anak, dan stakeholders pembangunan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Hamsuardi menyebutkan Forum Konsultasi Publik merupakan rangkaian dari proses penyusunan rencana pembangunan daerah serta bagian dari komitmen pemerintah daerah untuk membuka secara luas partisipasi dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan dalam pembangunan daerah yang dimulai sejak tahap perencanaan. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan masukan dan saran untuk penyempurnaan Rancangan Awal RPJPD Tahun 2025-2045 dan Rancangan Awal RKPD Tahun 2025.

Ia juga menyebutkan Dokumen RPJPD Tahun 2025-2045 merupakan perwujudan dari harapan masyarakat Pasbar di masa yang akan datang yakni mewujudkan Pasbar di masa yang akan datang yaitu harapan Pasaman Barat yang maju, Pasaman Barat yang Unggul dan Pasaman Barat yang sejahtera. Visi Pasaman Barat 2025-2045 adalah Pasaman Barat Unggul, Maju dan Berkelanjutan. Visi ini akan menjadi tujuan bersama dalam merumuskan kebijakan pembangunan selama 20 tahun mendatang.

“Visi Pasaman Barat tahun 2025-2045 adalah Pasbar Unggul, Maju dan Sejahtera. Visi ini bukan merupakan visi pemerintah daerah saja melainkan visi kita bersama masyarakat Pasbar yang diharapkan nanti bisa tercapai di tahun 2045 dan kita semua harus berkontribusi terhadap pencapaian visi RPJP Nasional yaitu Indonesia Emas 2045,” jelasnya.

Ia menambahkan sasaran visi Pasbar difokuskan pada meningkatnya daya saing SDM, pengentasan kemiskinan dan pengurangan ketimpangan sosial, meningkatnya pendapatan masyarakat, meningkatnya kemandirian fiskal daerah dan terciptanya lingkungan yang aman dan berkelanjutan.

Di akhir sambutannya ia berharap kepada seluruh stakeholder yang hadir untuk dapat menyampaikan ide-ide, pemikiran, masukan dan saran yang konstruktif sehingga RPJPD yang dihasilkan benar-benar mencerminkan kebutuhan dan harapan bersama masyarakat Pasbar.

“Ini menjadi tugas bersama, saya berharap kita semua aktif dalam memberikan masukan dalam forum ini. Perlu perhatian kita bersama, sebab kita masih harus fokus kepada peningkatan SDM, meningkatkan pendidikan masyarakat melalui sekolah tanpa pungutan, dan sebagainya. Mari juga sama-sama memikirkan mutu pendidikan agar dapat bersaing dengan daerah lain. Mengupayakan masyarakat sehat dengan program berobat gratis dan membuat masyarakat berakhlak mulia melalui tahfidz Alquran dan Maghrib mengaji,” harapnya.

Sementara itu, Sasmita Siregar selaku panitia acara menyebutkan tujuan dari Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik itu adalah untuk mensosialisasikan substansi rancangan awal serta mendapatkan masukan dan saran penyempurnaan rancangan awal RPJPD Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2025-2045 dan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2025.

Pada kesempatan tersebut, Plt. Kepala Bappelitbangda Dr. Ikhwanri, M.Pd memaparkan perkembangan capaian kinerja makro pembangunan Pasaman Barat Tahun 2005-2022, permasalahan dan isu strategis daerah, rancangan Visi dan Misi Pasaman Barat Tahun 2025-2045, dan rencana fokus pembangunan pada RKPD Tahun 2025. Forum ini juga menjaring ide-ide, masukan, dan rekomendasi dari seluruh stakeholders terkait untuk pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan, yang hasilnya nanti akan dinikmati seluruh masyarakat Pasaman Barat.

Kegiatan tersebut ditutup dengan penandatanganan berita acara oleh Bupati Hamsuardi dan pemangku kepentingan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *