Kantongi Dukungan Masyarakat, Retri Usda Optimis Raih Suara Di Dapil 1 Tanah Datar

Tanah Datar, Kabardaerah,- Dengan mengantongi dukungan pemangku adat dan ninik mamak di Kenagarian Buo Kecamatan Lintau Buo, Retri Usda optimis maju di pileg 2024 dari Partai Golongan Karya (Golkar). Dan optimis dapat mendulang suara menuju kursi DPRD Tanah Datar.

Retri Usda merupakan istri salah seorang tokoh sentral yang dibesarkan okeh partai berlambang baringin ini, yaitu H Zuldafri Darma SH, mantan Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma (2020) lalu, dan juga pernah menjabat sebagai pimpinan DPRD Tanah Datar dua periode (2009-2015).

Respon yang diberikan oleh Ninik Mamak kampung halaman Retri Usda tersebut menambah keyakinan dirinya untuk terjun ke politik, di Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Tanah Datar yakni Lintau Buo Utara, Lintau Buo, Tanjung Emas dan Padang Ganting.

“Kami ingin suara pemilih sah di nagari Buo ini, bisa mengantarkan Retri Usda ke kursi DPRD Tanah Datar,” ungkap Yulien Mahmud DT Paduko Sutan, ninik mamak nagari Buo, saat silahturahmi Ninik Mamak se Nagari Buo beberapa waktu lalu.

Katanya, masyarakat Buo khususnya sudah menentukan untuk mendukung anak nagari yang berpotensi dan tidak ingin suara anak nagari keluar selain dari Retri Usda.

“Insya Allah, kami juga optimis untuk anak kamanakan kami Retri, bisa membawa suara masyarakat, khusus Lintau ke bangku legislatif,” ungkapnya.

Ikuti Jejak Suami

Mantan Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Tanah Datar ini, terjun ke kancah politik mengikuti jejak sang suami Zuldafri Darma yang sejak awal tahun 2000 lalu berkarir di Partai Golkar. Zuldafri Darma sendiri pernah duduk sebagai anggota DPRD Tanah Datar periode 2004-2009, dan Ketua DPRD Tanah Datar 2 periode (2009-2015),

Pada pertengahan tahun 2015 lalu, Zuldafri Darma mundur dari jabatan Ketua DPRD Tanah Datar dan bersanding dengan Alm. Irdinansyah Tarmizi meminpin Tanah Datar. Dan dipenghujung tahun 2020, Zuldafri Darma duduk sebagai Bupati Tanah Datar mengantikan alm Irdinansyah Tarmizi.

Dengan mengikuti rekam jejak sang suami di Partai Golkar, dan sudah mendapatkan ilmu dasar berpolitik dari sang suami, iapun mempersiapkan diri sebagai caleg bertarung di Dapil 1 Tanah Datar bersama suami yang juga maju ke DPRD Provinsi Sumatera Barat pada Pileg 2024 ini.

“Insya Allah pilihan saya di Partai Golkar ini, partai yang membesarkan kami dan partai yang sudah memberikan pengalaman hidup selama ini,” ucap Retri Usda, yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPD Partai Golkar Tanah Datar, Selasa (16/01/24).

Ia menambahkan, dengan kebulatan tekad ini, ia juga mendapat dukungan penuh dari masyarakat dan juga pemangku adat, dan harapan itu akan ia jaga jika nanti bisa lolos ke kursi legislatif.

Alumni Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta ini, ucaonya banyak belajar dari sang suami yang sudah merasakan asam garam di politik Tanah Datar, dan restu dari suami ini juga yang mengajarkan bagaimana menjaga titipan amanah dari masyarakat.

“Apalagi ini amanah dan titipan dari ninik mamak dan terutama nantinya masyarakat Tanah Datar yang harus saya jaga seandainya saya lolos ke DPRD nantinya. Yang penting tentunya tetap berusaha agar semuanya bisa tercapai,” pungkas Retri. (Ddy)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *