Sekda Agam Hadiri Pelantikan Arno sebagai Datuak Singo Mangkuto

Agam, KabarDaerah.com – Prosesi pesta besar melantik Datuk Singo Mangkuto berlangsung meriah di Ujung Padang, Nagari Kampung Tangah, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sabtu (20/01/2024).

Turut hadir Sekda Agam., Drs H Edi Busti, M.SI, Waka Polsek Lubuk Basung., Jhoni Djabar beserta jajaran, Camat Lubuk Basung., Hidayat Taufik S.STP, ASN Pemda Agam, Wali Nagari Kampung Tangah., Gusri Mulyadi, S.Hum, Ketua KAN Kampung Tangah., Erizal Dt Mangindo, Ninik mamak dan Tokoh Masyarakat.

Datuak yang dilantik tersebut adalah Arno, SKM, MPH dengan gelar Datuak Singo Mangkuto.

Sekretaris Daerah (Sekda) Agam., Drs Edi Busti saya apresiasi atas terselenggaranya acara pelantikan ini, bukti nuansa kehidupan beradat kita sangat kental dan masih terpelihara sampai saat ini khususnya di Kabupaten Agam.

“Kita ingin memperkuat peran ninik mamak selaku ketua adat,untuk tahun 2024 akan kita beri perhatian sebagai bentuk apresiasi kita tehadap ninik mamak,” ungkap Edi Busti.

Semoga tokoh adat atau datuak yang sudah dilantik bisa menjaga amanah serta menjadi contoh bagi masyarakat, anak cucu dan keponakan disekitar, seperti pepatah Minang, anak dipangku kemenakan dibimbing

Atrizal, S.Pd, Dt Mangkuto Nan Basa menambahkan, Pertama dalam sejarah alek datuk yang dihadiri 38 datuak atau ninik mamak dari Maninjau, Bawan, Manggopoh, Lubuk Basung, Geragahan, dan Nagari sekitar.

“Peran ninik mamak atau Datuak diadat Minang selaku Ketua adat adalah untuk mengayomi, membimbing, melindungi anak, keponakan, serta masyarakat satu suku untuk hidup lebih bermartabat dan mempunyai dedikasi tinggi,” pungkas Atrizal.

 

Reporter  :  Darfius

Editor       :  Ronnald

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *