Bupati Suhatri Bur Berharap Mampu Menjaga Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan Dengan Menggelar Gerakan Pangan Murah

Padang Pariaman _ Melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman menggelar Kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) di Pasar Rakyat Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung, Rabu (6/3/2024).

Dari kegiatan yang dilakukan, terlihat tingginya antusiasme masyarakat untuk mendapatkan bahan pokok untuk kebutuhan sehari-hari, mulai dari beras, minyak goreng, gula, sayur mayur dan lain sebagainya. Disaat menjelang Ramadhan ini, bahan pokok cendrung mengalami kenaikan harga, hal ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah sebagai salah satu bentuk upaya untuk memudahkan masyarakat agar mendapatkan bahan pokok yang lebih terjangkau.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur saat memberikan kata sambutannya, menyebutkan kegiatan Gerakan Pangan Murah ini merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mempermudah masyarakat memperoleh bahan pangan, dengan harga terjangkau dengan tujuan stabilisasi pasokan dan harga serta pengendalian inflasi pangan.

“Saya berharap Kegiatan ini mampu menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan sekaligus untuk pengendalian Inflasi di Daerah ” Harap Suhatri Bur yang juga ketua TPID Padang Pariaman itu.

Dia melanjutkan, saat menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) bulan Puasa trend harga pangan cenderung meningkat. Even ini sangat tepat di laksanakan di momen menjelang bulan puasa Ramadhan.

“Kita sangat mengapresiasi event ini dan bertepatan dengan moment menyambut kedatangan bulan suci ramadhan, diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan pokok sehari -hari, seperti beras, minyak goreng, gula, telur, tepung, cabe, maupun sayur mayur” sebutnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Padang Pariaman, Ira Febrianti menyebutkan Gerakan Pangan Murah (GPM) merupakan salah satu program Badan Pangan Nasional (BAPANAS).

“Kegiatan ini dilaksanakan berkolaborasi dengan Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman, TPID Kabupaten Padang Pariaman, Perum Bulog dan Stakeholder terkait” tegasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan Penyedia Bahan Pangan pada Gerakan Pangan Murah (GPM ) adalah Perum Bulog Sumatera Barat, PT Japfa dan produsen/distributor bahan pangan lainnya.
Ditambahkannnya, adapun produk pangan yang dijual meliputi beras, minyak, gula, telur, ayam, daging, dan produk pangan lainya.

“Dalam pelaksanaan GPM kali ini didukung oleh Baznas Kabupaten Padang Pariaman, Bank Nagari dan Bank Mandiri dengan membantu menyediakan kupon/potongan harga kepada masyarakat untuk meningkatkan daya beli.” Tambahnya.

Turut mendampingi Suhatri Bur, Asistesen II Zainil , Tim TPID Pd Pariaman , jajaran Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan , Sekretaris Dinas Peternakan Zulkalisman beserta jajaran, Kabag Prokopim Anton Wira Tanjung, Camat Enam Lingkung dan Wali Nagari se Kecamatan Enam lingkung, beserta distributor bahan pangan lainnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *