Gagasan Lisda Hendrajoni BNPB RI Serahkan Bantuan Untuk Bencana Pessel

 

Pesisir Selatan, Kabardaerah.Com- Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni menyerahkan bantuan dari BNPB RI untuk masyarakat Pesisir Selatan yang terkena bencana banjir dan longsor beberapa waktu lalu. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Kalaksa BPBD Pesisir Selatan di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumatera Barat, dalam Rapat Koordinasi Tanggap Darurat Bencana Sumatera Barat Senin, (11/3).

“Terima kasih Bapak Kepala (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, yang sudah merespon cepat permintaan kami untuk bantuan di Sumbar, terutama di Pessel. Bahkan beliau juga bersedia datang langsung ke Pesisir Selatan untuk meninjau beberapa titik lokasi bencana,” ungkap Lisda.

Bantuan yang diserahkan yakni berupa Dana siap pakai (DSP) sebanyak Rp. 350.000.000 serta 2 Unit Mobil Dapur Umum ditambah dengan logistik.

Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto yang hadir pada Rakor tersebut, menyebut penanganan bencana harus dilakukan dengan cepat dan tanggap, sehingga menimilasir kemungkinan terjadinya bertambah korban dan mengurangi penderitaan masyarakat.

“Saya dihubungi oleh Buk Lisda pada Jum’at pagi, menyebut ada masyarakat yang kelaparan (akibat bencana) di Pesisir Selatan. Sampai hari ke empat saya masih mendengar ada masyarakat yang belum makan. Tentu ini harus menjadi perhatian. Jangan karena bencana masyarakat kita sampai tidak makan, pemerintah harus hadir disitu,” ungkap Letjen TNI Suharyanto.

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat, juga mengungkapkan rasa terima kasih atas kunjungan langsung Kepala BNPB RI yang datang langsung ke Sumbar. Buya Mahyeldi menjelaskan 12 Kabupaten dan Kota di Sumbar terkena bencana namun 5 yang dinyatakan tanggap darurat.

“ Berdasakan laporan dan tinjauan kami di lapangan, ada 5 Kabupaten/kota yang terparah sehingga ditetapkan status tanggap darurat. Dengan ini kita juga berpesan kepada masing-masing kepala daerah agar penyaluran dan penggunaan bantuan tersebut dapat dioptimalkan terutama pada daerah yang paling parah terkena musibah,” terang Mahyeldi Ansharullah.

Selain Pemkab Pesisir Selatan, bantuan Dana Siap Pakai juga diberikan kepada Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang, Kabupaten Pasaman Barat, masing-masing Rp. 250.000.000 . Kabupaten Mentawai dan Kabupaten Pasaman Barat masing-masing Rp. 150.000.000, serta Polres Pesisir Selatan dan Kodim 0311 Pesisir Selatan masing-masing Rp. 100.000.000.

Total bantuan DSP yang diberikan oleh BNPB RI untuk Sumatera Barat mencapai Rp. 1,7 Miliar.

(Reporter: Efrizal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *