Penanganan Banjir Di Sumbar, Lisda Hendrajoni Koordinasi Dengan Kemensos dan BNPB 

 

Padang, Kabardaerah.Com- Anggota DPR RI Fraksi Nasdem Lisda Hendrajoni langsung berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sehubungan dengan bencana banjir yang melanda sebagian besar wilayah di Provinsi Sumatera Barat.

“Tadi kami sudah koordinasi langgsung dengan Kepala BNPB terkait bencana yang melanda sebagai besar Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat. Beberapa Kabupaten seperti Pesisir Selatan setidaknya dilaporkan tertimpa bencana yang cukup parah,” ungkap Lisda kepada awak media.

Disela-sela menyerahkan bantuan kepada masyarakat di Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan pada Jum’at (8/2), Lisda menyampaikan peristiwa bencana di Pesisir Selatan cukup kompleks sehingga sangat dibutuhkan bantuan dari Pusat.

“Selain banjir, juga ada tanah longsor dan banjir bandang. Ada jembatan yang putus, badan jalan ambruk, rumah yang tertimbun material longsor, hingga yang hanyut terbawa arus sungai. Selain itu bencana yang melanda Pesisir Selatan juga menimbulkan korban jiwa serta orang hilang akibat banjir dan longsor,” jelas Lisda.

Lisda juga menyampaikan, pasca bencana yang terjadi di Kabupaten tersebut, masyarakat masih sangat membutuhkan bantuan, terutama makanan dan pakaian serta air bersih.

“Dari tinjauan kami di lapangan, masyarakat sangat membutuhkan bantuan makanan, pakaian dan air bersih ataupun air minum. Akses jalan yang terputus, mempersulit pendistribusian bantuan,” sambungnya.

Selain dengan BNPB RI, Lisda juga berkoordinasi dengan Kementrian Sosial, agar bantuan dapat segera disalurkan.

“Kita juga desak Kemensos agar (bantuan) disegerakan. Jika memang dibutuhkan, status tanggap darurat di Pessel ataupun Sumbar harus segera dikeluarkan oleh Pemerintah,” pungkasnya.

(Reporter; Efrizal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *