SDM Pertanian Sawahlunto, Kembali Berprestasi di Tingkat Provinsi.


Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Para penyuluh pertanian di Kota  Sawahlunto, kembali meraih prestasi pada  tingkat Provinsi dalam Lomba Penyuluh Sarana dan Prasarana Pertanian Tingkat Sumbar Tahun 2022.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Sawahlunto, Henni Purwaningsih pada Senin (30/1) menyebutkan bahwa, Kota Sawahlunto berhasil memperoleh prestasi pada dua (2) kategori. Ketenagaan Penyuluh Pertanian serta Kelembagaan Penyuluh Pertanian.

“Untuk kategori ketenagaan penyuluh pertanian, mendapat Juara II Penyuluh Pertanian PNS Teladan, atas nama Welly Putri Syahri (penyuluh di Desa Sikalang dan Desa Rantih). Kemudian Juara III Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan, atas nama Anasril (penyuluh swadaya di Desa Lumindai),” ungkap Kadis Henni memberi rincian.

Untuk kategori kelembagaan penyuluh pertanian, berhasil mendapat Juara II Gabungan Kelompok Tani Berprestasi atas nama Gapoktan Guguak Kumbayau, Desa Kumbayau Kec Talawi.

“Selain penyuluh pertanian, pada bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), Sawahlunto juga berhasil memperoleh prestasi sebagai Juara II untuk Petugas Medik Veteriner Berprestasi, yang diraih oleh drh. Meta Levi Kurnia dari UPTD Puskeswan,” ujar Henni menambahkan.

Sementara itu, untuk bidang ketahanan pangan, juga berhasil memperoleh Juara II  Adhikarya Pangan Nusantara Kategori Pembina Ketahanan Pangan, atas nama Rice (Kepala Desa Kubang Tangah). Sementara Juara III, Adhikarya Pangan Nusantara Kategori Pelaku Ketahanan Pangan, diraih oleh  Kelompok Wanita Tani (KWT) Durian Bolieng, Desa Pasar Kubang.

Penyerahan penghargaan atas berbagai prestasi tersebut, diberikan langsung oleh Walikota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta SH dalam apel pagi DKP3, Senin pagi (30/1).

Wako Sawahlunto, Deri Asta dalam kesempatan ini  menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada para juara atas kontribusi dan prestasi yang telah diperoleh.

“Prestasi ini menunjukkan apa yang dikerjakan itu benar dan baik, malah sangat baik. Sehingga ketika dinilai oleh Provinsi, dianggap bagus dan layak mendapat prestasi sebagai juara. Sekali lagi kita menyampaikan selamat dan terima kasih,” ungkap Wako Sawahlunto Deri Asta.

Pemko Sawahlunto, akan terus berpihak dan memberikan perhatian khusus pada sektor  pertanian. Sebab, berpengaruh besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sawahlunto.

“Selain karena memang banyak masyarakat yang berprofesi sebagai petani, juga karena sektor pertanian terbukti memiliki daya tahan yang bagus dalam berbagai situasi. Contohnya saja, di masa pandemi kemaren ternyata pertanian tidak begitu terdampak,” ujar Wako Deri Asta.

Seperti kita ketahui, sektor pertanian dalam Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB), Sawahlunto telah berkontribusi hingga mencapai angka  sembilan (9) persen. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *