Pelaku Usaha Harus Kreatif, Handal dan Bermental

SIJUNJUNG,KABARDAERAH.COM- Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sijunjung harus menjadi pelaku usaha yang kreatif, handal dan bermental baik.

Karena dalam berwirausaha dibutuhkan ide kreatif dan sikap mental agar mampu bersaing secara global.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Dagperinkop UKM Kabupaten Sijunjung Asrizal, SE saat membuka Pelatihan Kewirausahaan angkatan II dan Fasilitasi Kemitraan KUKM di Hotel Bukik Gadang Muaro, Senin (15/7).

“Pelatihan ini sangat penting dan bermanfaat bagi para pelaku usaha kecil mikro untuk menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan serta memperkaya wawasan dalam berwirausaha dan juga mendapatkan informasi tentang permodalan dalam mengembangkan usaha,” jelasnya.

Kemudian dikatakan Asrizal, perlu dipahami bahwa perbaikan ekonomi ini tidak mungkin terjadi begitu saja. Melainkan butuh kerja keras, kerja cerdas, inovasi, dan keberanian untuk membuat perbedaan dalam kurun waktu 4 (empat) tahun terakhir.

Untuk itu, Dinas Dagperinkop UKM Kabupaten Sijunjung terus mendorong umbuhnya semangat Entrepreneur masyarakat, dengan cara memberikan pelatihan, pendampingan, penyuluhan hingga pembangunan infrastruktur dan revitalisasi pasar tradisional terus menerus dilakukan.

Dalam laporannya, Kasi Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro Verigif Alnev, S.STP, M.Si menyebutkan, tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan motivasi kepada pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya sereta memberikan perkuatan permodalan.

“Pelatihan angkatan II ini diikuti oleh 25 orang UMKM yang berasal dari Nagari se-Kabupaten Sijunjung, kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua (2) hari, Senin-Selasa (15-16 Juli 2019), yang mana pada bulan Juni lalu angkatan I telah melaksanakan pelatihan ini,” katanya.

Kemudian, narasumber pada pelatihan itu dari UPTD Balai Pelatihan Koperasi Provinsi Sumbar, UPTD Pelayanan Pengelolaan Dana Bergulir Dinas Dagperinkop UKM Sijunjung dan Bank Nagari cabang Sijunjung.(Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *