Tim Penggerak PKK Kabupaten Pessel Inisiasi Gerakan Sejuta Kolam

PAINAN, KABARDAERAH.COM- Tim penggerak PKK Kabupaten Pesisir Selatan mencanangkan gerakan Sejuta Kolam Rumah Tangga.

Kolam Rumah Tangga yang dimaksud yaitu masyarakat membuat Kolam ikan dengan memanfaatkan lokasi pekarangan rumah masing-masing.

Sedangkan untuk bibit ikan dibantu Gratis oleh Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan sesuai dengan kapasitas kolam yang telah disediakan oleh masyarakat.

Ketua TP PKK Kabupaten Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni mengatakan, gerakan Sejuta Kolam Rumah Tangga itu akan berdampak baik kepada masyarakat.

“Karena hanya dengan memanfaatkan pekarangan untuk membuat kolam, maka kebutuhan ikan keluarga sudah terpenuhi,” ungkap Lisda.

Ia menambahkan, tahap awal di akan dilaksanakan untuk 10 ribu Kepala Keluarga (KK) dan akan dibantu dengan 100 ekor bibit ikan nila dan ikan lele.

“Semua tentu tergantung dengan kapasitas kolamnya,” ucapnya, Rabu (13/5/2020).

Melalui gerakan yang digagas ini, Lisda berharap, dapat memberdayakan masyarakat agar memiliki jiwa wirausaha dan mampu memanfaatkan potensi pekarangan untuk kegiatan yang bernilai ekonomi.

“Dengan gerakan ini semoga akan dapat membantu menambahkan penghasilan keluarga. Untuk itu, mari segera siapkan kolam di rumah maka akan dibantu bibit ikan gratis”, tuturnya.

Sementara itu kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan, Andi Syafinal membenarkan adanya program bantuan bibit ikan yang akan diselenggarakan dan bekerja sama dengan TP- PKK Pesisir Selatan.

“Ada berbagai macam jenis ikan Air tawar. Untuk 1 rumah bisa 200-300 bibit. Nanti bisa menghubungi TP-PKK Pesisir Selatan,” jelas Syafinal.

Laporan: Efrizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *