Hendrajoni Berjanji Akan Memperbaiki Saluran Irigasi di Nagari Pelangi Kaciak Pesisir Selatan

KabarDaerah.com, Painan – Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, berjanji bakal memperbaiki saluran irigasi di Nagari Pelangai Kaciak dan Bendungan Air Tanjung Durian, Nagari Sungai Tunu Utara, Kecamatan Ranah Pesisir daerah setempat.

“Ya, untuk saluran irigasi di Pelangai Kaciak nanti bakal kami anggarkan melalui APBD perubahan sekitar Rp200 juta. Tolong di catat ya, Pak Kadis,” ujar Bupati di sela-sela kunjungannya ke daerah irigasi (DI) Lubuak Cubadak, bersama rombongan, Selasa (21/7/20).

Menurutnya, Pelangai Kaciak memiliki areal persawahan masyarakat sekitar 325 hektare. Jika perbaikannya disegerakan, maka sejumlah komoditas pertanian bakal tumbuh subur dan berkembang baik.

“Tentunya petani menjadi lebih giat dan semangat turun ke sawah. Sebab, perbaikan irigasi menjadi salah satu sarana penting untuk keberhasilan pertanian setempat,” katanya.

Sementara itu, terkait keberadaan Bendungan Air Tanjung Durian, Nagari Sungai Tunu Utara, Kecamatan Ranah Pesisir, yang hingga kini belum berfungsi dengan baik, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Pesisir Selatan, Doni Gusrizal mengatakan, pihaknya bakal berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PU-PR.

“Ada sekitar 2 hektare lahan masyarakat yang belum dibebaskan pada 6 titik lokasi. Sehingga pengerjaannya terhenti pada 2016. Nanti bakal kami koordinasikan dengan BWS Sumatera V. Tadi kata Pak Bupati, jika Balai tidak bisa, maka Pemda bisa menganggarkan pada 2021,” ucapnya.

Reporter: Efrizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *