Sinergi Pemko Sawahlunto Dengan Masyarakat, Warga Menyediakan Lahan, Pemko Membangunnya.

Waterboom mini atau kolam pemandian Mudiak Lugha di Desa Silungkang Oso Kec Silungkang Kota Sawahlunto, Sumbar pada hari Sabtu (13/2) dan Minggu lalu (14/2) telah dilakukan untuk tahap uji coba. Objek wisata desa ini, nantinya setelah beroperasi, akan dikelola langsung oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Panorama, Desa Silungkang Oso.

Aktifitas kegiatan desa ini, mendapat dukungan penuh dari Pemko Sawahlunto secara berjenjang. Pada Rabu (17/2) Camat Silungkang, Supar MSi beserta jajarannya melakukan peninjauan langsung dalam rangka monitoring kolam pemandian Mudiak lugha Desa Silungkang Oso, yang akhir akhir ini sedikit viral bagi sebagian warga Kota Sawahlunto, khususnya.

Dan beselang sedikit waktu, disusul dengan kedatangan rombongan dinas Perkim Kota Sawahlunto mendampingi tim Kotaku. Berbagai kemungkinan dan pengembangan lebih lanjut dibicarakan dan didiskusikan, terkait dengan adanya program Kotaku yang merupakan pendanaan melalui APBN dan berada pada pos Dinas Perumahan Permukiman Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPKP2LH) Kota Sawahlunto.

Kita ketahui, pembuatan kolam pemandian ini berasal dari dana APBDes setelah adanya lokasi tanah yang merupakan hibah dari warga kepada pemerintah melalui desa. Sehingga, pembangunannya dapat dilakukan dan dibiayai dari dana APBDes.

Begitupun untuk peningkatan sarana dan prasarananya secara bertahap, akan dilakukan melalui dana APBDes. Terkait dengan hal ini, tentu diperlukan dukungan semua pihak. Karena semua ini, tentunya bermuara untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan, khususnya ekonomi warga masyarakat sekitar.

Apa lagi diketahui, di Desa Silungkang Oso terdapat beberapa objek wisata yang belum dikembangkan, seperti Gua Kelambu dan Batu Ngalau Bersurat yang semuanya berada di kawasan Batu Runciang Silungkang. Sehingga ke depannya, tentu diperlukan kesamaan pemikiran untuk pengembangannya secara terkoneksi dan untuk kolam pemandian ini saja, masih ada air terjun alami yang cukup indah di bagian atas kolam renang Mudiak Lugha ini.

Kolam ini dibangun berdasarkan kesepakatan warga dengan Pemdes Silungkang Oso, sehingga lokasi kolam merupakan hibah dari warga setempat. Sementara untuk pembangunannya, melalui APBDes Silungkang Oso. Artinya, telah terjadi kekuatan sinergi antara warga masyarakat dengan pemerintah desa setempat dan hal ini sangat perlu kita dukung dan kita berikan apresiasi.

Sementara itu, pada APBDes tahun 2021 ini Desa Silungkang Oso juga telah menganggarkan pagu dana untuk pembuatan gajebo serta beberapa prasarana pendukung lainnya, untuk dapat lebih lengkapnya sarana penunjang di Kolam Renang Mudiak Lugha sebagai lokasi destinasi wisata desa dan keluarga.

Artinya, semua kegiatan mulai dari perencanaan hingga pembuatan dan pelaksanaan, telah mereka lakukan sesuai dengan aturan yang ada antara Pemdes Silungkang Oso, BPD, LPM dan unsur pemuda dan tokoh masyarakat setempat sehingga destinasi ini nantinya, dapat membawa dampak ekonomi kepada semua pihak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *