Dirjen Perumahan KemenPUPR, Berikan Hibah PSU Kepada Pemko Sawahlunto.

Sawahlunto-Pemerintah Kota (Pemko)  Sawahlunto, secara simbolis pada Selasa (28/9) menerima hibah Barang Milik Negara (BMN) berupa Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) untuk perumahan bersubsidi dari Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Penyerahannya, ditandai melalui penandatanganan Berita Acara Serah Terima oleh Wali Kota (Wako) Deri Asta SH bersama dengan perwakilan Dirjen Perumahan, Isna Fikasari di Balaikota Sawahlunto.

Bantuan PSU yang diterima Pemko tersebut bernilai Rp. 322.422.749 dengan lokasi PSU yang telah dibangun, di Perumahan Barangin City Residence atau Dusun Karang Anyar, Desa Santur, Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto.

Wako Sawahlunto menyampaikan terimakasih kepada Dirjen Perumahan Kementerian PUPR untuk bantuan PSU tersebut, karena sangat bermanfaat khususnya bagi warga penghuni perumahan tersebut.

“Terimakasih, PSU ini sangat bermanfaat, kami selaku penerima hibah berjanji akan menjaga dan merawat PSU ini dengan sebaik baiknya agar dapat digunakan dalam jangka waktu lama,” ujar Wako Deri Asta.

Sementara itu, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid melalui jajarannya, Isna Fikasari menyebutkan bahwa, pelaksanaan hibah aset ini dilakukan dalam rangka menjalankan amanah Peraturan Menteri PUPR Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penggunaan Barang yang menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Dalam aturan itu tertulis, bahwa untuk pembangunan Bantuan PSU wajib melakukan pengalihan PSU kepada Pemda atau instansi penerima bantuan melalui hibah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan.

“Dengan telah diserahkannya aset ini kepada Pemko Sawahlunto maka pemeliharaannya akan menjadi tanggung jawab pemko. Semoga dapat memberi manfaat secara baik dan benar,” ungkap Isna Fikasari.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebelumnya, dalam berbagai keterangan mengatakan adanya bantuan PSU diharapkan menjadi stimulan bagi pelaku pembangunan rumah untuk membangun rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), khususnya dalam rangka pencapaian target program satu juta rumah.

“Program itu merupakan bentuk nyata keseriusan pemerintah guna untuk mewujudkan cita-cita terpenuhinya kebutuhan rumah bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama rumah terjangkau layak huni dan berkualitas bagi MBR,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono seperti dikutip dari website resmi Kementerian PUPR RI. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *