Bibit Pinang Wangi, Melalui Dana Aspirasi Anggota DPRD Sumbar, Taufik Syahrial Untuk Para Petani Sawahlunto.

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Taufik Syahrial, anggota Komisi IV DPRD Sumatera Barat, melalui dana aspirasinya memberikan bantuan bibit pinang wangi sebanyak 50 ribu batang, kepada kelompok-kelompok tani di Kota Sawahlunto.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Heni Purwaningsih dalam laporannya menyampaikan, penyerahan bibit pinang wangi tersebut dilaksanakan dua tahap, untuk tahap pertama, sebanyak 40.000 ribu batang dan tahap kedua, sebanyak 10.000 batang.

“Untuk tahap pertama telah kita serahkan secara simbolis di Desa Bukik Gadang Kecamatan Talawi, pada Jum’at (10/12) yang dihadiri langsung oleh Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta SH. Sebanyak 40.000 batang, diserahkan kepada sembilan (9) kelompok tani (keltan),” ujar kadis Heni.

Lebih lanjut dijelaskan, sembilan keltan (9) tersebut adalah Maju Bersama (Desa Tumpuak Tangah), Kris (Desa Sikalang), Suka Maju (Desa Rantih), Sinar Pagi (Desa Rantih), Maju Mandiri (Desa Bukik Gadang), Cahaya Ombilin (Desa Talawi Mudiak), Saiyo Sakato (Desa Kolok Nan Tuo), Puncak Pari (Kelurahan Saringan) dan Tuah Basamo (Desa Talago Gunuang).

“Untuk masing-masing keltan mendapat bibit pinang ini dengan jumlah berbeda, disesuaikan dengan luas lahan yang disediakan. Jadi sebelum menerima bantuan, sudah dilakukan survei oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL),” ungkap Heni menjelaskan.

Saat ini, Kota Sawahlunto dalam kondisi eksisting komoditi pinang produktifitasnya baru mencapai 4-5 ton biji basah/hektar/tahun. Sedangkan untuk potensi pinang wangi yang diberikan bantuan bibitnya ini, hasil nantinya bisa mencapai 15 ton/hektar/tahun.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Sawahlunto dari Partai Nasdem, mewakili Taufik Syahrial yaitu Rio Mardanil, mengatakan bahwa bantuan bibit pinang ini merupakan wujud kepedulian dari Taufik Syahrial terhadap para petani di Sumatera Barat, khususnya di Kota Sawahlunto.

“Hal ini, sekaligus komitmen beliau dalam membantu petani memberdayakan potensi tanaman yang cocok di lahan Kota Sawahlunto, salah satunya pinang ini,” ujar Rio Mardanil.

Walikota (wako) Sawahlunto, sangat mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada Taufik Syahrial atau akrab disapa Tarjok atas bantuan bibit pinang yang sangat berarti dalam mendukung pertanian di Kota Sawahlunto.

Kami menginstruksikan kepada DKP3 dan PPL untuk aktif mendampingi petani dalam merawat pinang ini. Agar perawatannya maksimal, dibutuhkan ilmu yang bisa dikonsultasikan melalui PPL.

“Untuk itu, bagi para petani penerima bibit pinang, kami sarankan agar dapat memperhatikan dan merawatnya secara baik dan benar,” pungkas Wako Sawahlunto Deri Asta dalam arahannya. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *