Hari ini, 20 Walinagari Hasil Pilwanag Serentak Dilantik Bupati Eka Putra

TANAH DATAR, KABARDAERAH.COM  – Sebanyak 20 orang walinagari terpilih hasil dari pemilihan walinagari serentak kabupaten Tanah Datar masa jabatan 2022-2028, resmi dilantik Bupati Eka Putra, Senin (14/02/22) di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar.

“Selepas ini, walinagari memiliki tugas berat dinagari masing-masing. Yakni untuk merangkul semua elemen guna melaksanakan pembangunan di nagari. Jika perlu libatkan calon-calon walinagari yang lain,” ungkap Eka Putra.

Tambahnya, walinagari juga diminta untuk mempelajari tugas pokok, fungsi, hak, kewajiban, kewenangan, tanggungjawab serta larangan yang harus dihindari.

“Biasanya, Wali Nagari yang baru dilantik hal pertama yang dilakukannya adalah mengganti perangkat nagari. Saya ingatkan saudara, pahami regulasi atau peraturan tentang tata cara pengangkatan dan pemberhentian perangkat nagari, sehingga tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari,” katanya.

Dan terkhusus terhadap pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja (APB) Nagari, sampai Eka, diharapkan untuk berhati-hati, karena setiap rupiah yang dibelanjakan harus selalu dipertanggungjawabkan.

“Selaku pemegang kekuasaan atas pengelolaan keuangan nagari, Saudara harus teliti dan disiplin dalam membelanjakan dana anggaran yang cukup besar. Lengkapi dengan bukti belanja yang lengkap dan sah,” pesannya.

Terakhir, tambah Eka, yang menjadi catatan penting lainnya, Wali Nagari hendaknya bersinergi dan bekerja sama saling koordinasi dengan Camat di daerahnya masing-masing, karena Camat merupakan perpanjangan tangan Bupati di tingkat Kecamatan.

“Saya yakin masing-masing Wali Nagari mempunyai visi, misi dan cita-cita yang mulia, ingin majukan dan tingkatkan kesejahteraan masyarakatnya, namun tentu Saudara hendaknya juga menjalin koordinasi yang baik dengan camat ataupun instansi di pemerintah kabupaten,” tukas Eka.

ng,” katanya.

Dari 21 Wali Nagari yang dilantik hari ini, Wali Nagari Simawang Terpilih yakni Firman urung ikut pelantikan disebabkan saat bersamaan orangtuanya meninggal dunia.

Adapun Wali Nagari yang diambil Sumpah Jabatan dan Pelantikan adalah :

  1. Adenis, Sebagai Wali Nagari Koto Baru
  2. Seri Mesra, Sebagai Wali Nagari Singgalang
  3. Afrinal, Sebagai Wali Nagari Tambangan
  4. Bahuri, Sebagai Wali Nagari Andaleh
  5. Ade Putra, Sebagai Wali Nagari Batipuah Ateh
  6. Mulyadi. BJ, Sebagai Wali Nagari Batipuah Baruah
  7. Yudisthira Anuggraha, Sebagai Wali Nagari Bungo Tanjuang
  8. Erizal, Sebagai Wali Nagari Gunuang Rajo
  9. Mulyadi, Sebagai Wali Nagari Guguak Malalo
  10. Syafril Jamal, Sebagai Wali Nagari Padang Magek
  11. Wilmen, Sebagai Wali Nagari Sungai Jambu
  12. Beni Hasbullah, Sebagai Wali Nagari Koto Tangah
  13. Yulkusmayanto, Sebagai Wali Nagari Buo
  14. Dasheri, Sebagai Wali Nagari Balai Tangah
  15. Andi Musdar, Sebagai Wali Nagari Batu Bulek
  16. Genta Maulana Akbar, Sebagai Wali Nagari Tapi Selo
  17. Nofri Edison, Sebagai Wali Nagari Sungayang
  18. Romi Chandra, Sebagai Wali Nagari Sungai Tarab
  19. Syahrial, Sebagai Wali Nagari Simpuruik
  20. Zulfirman, Sebagai Wali Nagari Lawang Mandahiling

Turut hadir Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Anggota DPRD Tanah Datar, Forkopimca Tanah Datar dan Padangpanjang, Kepala OPD, Camat dan Wali Nagari se Tanah Datar dan Undangan lainnya. (Al/HUmas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *