Ciptakan SDM Berkualitas, STIKES Piala Sakti Pariaman Caping Day 71 Mahasiswa

Pariaman — Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Piala Sakti Pariaman, Sabtu (19/3) menggelar acara pengambilan sumpah (caping day) dan penyematan uniform kepada 71 mahasiswa/i calon bidan dan perawat yang saat ini masih menimba ilmu, setelah menyelesaikan perkuliahan semester 1 tahun akademik 2021/2022.

Di antara 71 mahasiswa/i itu, 23 orang mahasiswanya mengambil program studi DIII Kebidanan, serta 48 sisanya mengambil program studi S1 Keperawatan.

Ketua STIKES Piala Sakti, Armaita, SKM, M.Si menerangkan, caping day adalah titik awal dari sebuah pelayanan mahasiswa yang kelak nantinya didapuk menjadi calon perawat dan bidan.

“Ini merupakan awal dari sebuah karir dan perjalanan bagi calon tenaga medis sesungguhnya. Melalui caping day ini mahasiswa dinyatakan siap terjun mengabdi ke masyarakat dalam dunia kesehatan, tentunya dengan profesionalitas yang sudah dibangun sejak bangku perkuliahan,” terang Armaita yang juga sebagai dosen Prodi DIII Keperawatan, UNP.

Lebih jauh ia menjelaskan, dengan caping day ini diharapkannya mahasiswa dapat terus belajar. “Sehingga mahasiswa lulusan STIKES Piala Sakti Pariaman punya kompetensi yang tinggi, baik secara tanggung jawab profesi, teori, maupun kemampuan penguasaan metode pendekatan komunikatif pada pasien. Sehingga mereka yang lulus membawa nama almamater STIKES Piala Sakti ini berkembang menjadi sumber daya yang ahli dan profesional di bidangnya,” harapnya menjabarkan.

Senada dengan itu, Ketua Yayasan Piala Sakti Pariaman, Prof. Dr. H. Salman H Noer, M.Pd menjelaskan, bahwa dengan adanya caping day ini adalah syarat mahasiswa untuk bisa melakukan praktek lapangan.

“Selain itu, mereka sumpah untuk bekerja ikhlas dengan dasar kemanusiaan. Dengan mengemban visi membawa nama baik almamater yang punya daya saing tinggi. Intinya selain pengabdian pada masyarakat, mereka juga dituntut profesional dan handal saat terjun di lapangan,” ulas profesor yang juga merupakan abdi negara di Universitas Ekasakti Padang. (Syh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *