Kegiatan SiSSCa, Kembali Ditetapkan Sebagai Kharisma Event Nusantara Oleh Kemenparekraf.

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI pada Selasa kemaren (1/3), setelah melalui berbagai pertimbangan dan penilaian kurator Indonesia, akhirnya menetapkan untuk kedua kalinya (2021), Sawahlunto Internasional Songket Silungkang Carnaval atau disingkat SiSSCa sebagai Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2022.

Peluncuran KEN 2022, dilakukan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf RI Jakarta.

Kita ketahui, SiSSCa merupakan agenda tahunan yang digelar oleh Pemko Sawahlunto setiap tahunnya, sejak tahun 2015. Bahkan saat ini, kegiatan SiSSCa masuk ke dalam kategori kalender pariwisata Indonesia, berupa 100 Wonderful Pariwisata dan saat ini, juga masuk ke dalam 110 KEN Pariwisata Indonesia.

Sementara itu, Walikota Sawahlunto Deri Asta SH menyambutnya secara positif dan menyatakan, “dengan ditetapkannya kegiatan SISSCa sebagai KEN oleh Kemenparekraf, tentunya akan lebih berdampak terhadap pengembangan UMKM dan sekaligus akan dapat meningkatnya ekonomi keluarga serta pendapatan para Perajin Songket Silungkang-Sawahlunto, menuju Sawahlunto yang lebih baik dan tangguh,’ ungkap Wako Sawahlunto Deri Asta seraya bersyukur.

Kharisma Event Nusantara atau KEN merupakan strategi kolaborasi antara Kemenparekraf dengan pemerintah daerah melalui penyelenggaraan event berkualitas. KEN ini sebagai salah satu upaya dalam membangkitkan event dan ekonomi kreatif di daerah.

Kharisma Event Nusantara 2022 bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan.

KEN 2022 ini adalah wadah kumpulan event-event berkualitas dari seluruh Indonesia. Dengan ditancapkannya tongkat sejarah serta harapan baru bagi kebangkitan industri berbagai event di tanah air, sekaligus secara nasional, Indonesia sebagai destinasi event. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *