Pemkab Tanah Datar Sampaikan Jawaban Tanggapan DPRD Atas Tiga Ranperda

TANAH DATAR, KABARDAERAH.COM – Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian sampaikan jawaban atas tanggapan DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) terhadap tiga Ranperda dalam rapat paripurna dewan setempat, Jum’at (1/7) di ruang sidang utama DPRD.

Dalam apat paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Anton Yondra didampingi Sekwan Yuhardi dan 20 anggota Dewan yang hadir, Wakil Bupati Richi Aprian, menyampaikan jawaban pemkab atas pertanyaan atau tanggapan delapan fraksi DPRD terkait tiga Tiga Ranperda yang diajukan pemkab Tanah Datar.

Ketiga ranperda itu adalah Ranperda tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Ranperda tentang Cadangan Pangan dan Ranperda tentang Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Tanah Datar kepada Perusahaan Umum Daerah Tuah Sepakat.

Menjawab puluhan pertanyaan, dari delapan fraksi DPRD yakni Fraksi PAN, Fraksi PKS, Fraksi Demokrat, Fraksi Fraksi Perjuangan Golkar, Fraksi PPP, Fraksi Nasdem, dan Fraksi Hanura yang disampaikan melalui juru bicara masing-masing pada Rabu (29/6) sidang sebelumnya, Richi menyampaikan jawaban pertanyaan pertama tentang pengajuan Ranperda Pengelolaan Keuangan Daerah, yaitu tujuan Ranperda ini dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Sedangkan untuk Ranperda tentang cadangan pangan dijelaskan, karena penyelenggaraan cadangan pangan di Tanah Datar tidak terlaksana secara optimal, karena belum adanya Peraturan Daerah yang menjadi dasar untuk pengadaan, pengelolaan dan penyaluran.

Untuk Ranperda tentang Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Tanah Datar kepada Perusda Tuah Sepakat bertujuan meningkatkan usahanya guna memberikan kontribusi strategis dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta mampu menyediakan barang dan jasa bermutu bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat sesuai kondisi, karakteristik dan potensi daerah.

Sementara itu, 8 fraksi juga menyampaikan saran dan masukan untuk penyempurnaan ke tiga ranperda tersebut, untuk selanjutnya ketiga Ranperda akan dibahas dengan agenda pembicaraan tingkat II. (Doy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *