Kereta Api Mak Itam Akan Segera Perpanjang Jalur Hingga ke Silungkang

Sawahlunto, KabarDaerah.com – Menteri BUMN., Erick Thohir setuju dan mengajak jajaran direksi untuk bergotong royong dalam membantu memperpanjang jalur Kereta Api Kota Sawahlunto ke Silungkang.

Erick Thohir mengarahkan jajaran Direksi BUMN yang berasal dari Sumatera Barat atau urang awak untuk bersama-sama membantu memperpanjang jalur kereta api wisata dari Sawahlunto hingga bisa sampai ke daerah Silungkang.

“Kita sudah membuktikan dengan bergotong royong antara BUMN, Pemprov Sumbar, Pemko Sawahlunto dan unsur lainnya, dapat bisa melakukan reaktivasi (pengoperasian kembali) perkeretaapian di Sawahlunto. Kini pak Wali Kota (Wako) Sawahlunto meminta agar jalurnya diperpanjang lagi sampai ke daerah Silungkang, saya rasa hal tersebut bisa kita lakukan kembali dengan menggunakan cara yang sama, bergotong royong,” ungkap Erick Thohir saat masih di Kota Sawahlunto, Selasa (21/12/22).

Untuk itu, Erick Tohir meminta jajaran Direksi BUMN yang berasal dari Sumbar untuk segera menyiapkan dukungan dalam membangun sarana dan prasarana perkeretapian dari stasiun Muaro Kalaban menuju stasiun Silungkang yang pada estimasi awalnya diperkirakan membutuhkan sampai Rp 15 miliar.

“Cukup banyak Direksi dan Komisaris BUMN yang berasal dari Ranah Minang. Sekarang saya mau mengajak mereka untuk memberikan sumbangsih pada Sumatera Barat, khususnya Kota Sawahlunto. Mari secara bersama, kita buat Mak Itam ini bisa berjalan sampai ke stasiun Silungkang,” urai Erick Thohir.

Untuk reaktivasi perkeretapian dari stasiun Sawahlunto menuju stasiun Muaro Kalaban, melalui bantuan empat BUMN yakni PT Kereta Api Indonesia, PT Semen Indonesia Group, PT Pupuk Indonesia dan PT Biofarma, maka untuk memperpanjang sampai ke stasiun Silungkang, dirinya mempersilahkan BUMN lain untuk bergantian ikut membantu.

Menyambut setujunya Erick Tohir atas permintaan memperpanjang jalur kereta ke stasiun Muaro Kalaban itu, Wako Sawahlunto., Deri Asta, SH menyampaikan ungkapan terima kasih.

“Terima kasih banyak pak Erick, persetujuan dan arahan beliau kembali akan menjadi kunci terwujudnya mimpi masyarakat Sawahlunto dalam menikmati berjalannya kembali kereta api. Sekarang persetujuan dan arahan pak Erick, mimpi kami kereta sampai ke Muaro Kalaban telah nyata, besok mimpi kereta api sampai ke Silungkang juga akan menjadi nyata dengan persetujuan dan arahan pak Erick sekarang,” ungkap Deri Asta.

Deri Asta menyebutkan, begitu pentingnya untuk memperpanjang jalur kereta api wisata tersebut sampai ke Silungkang. Sebab, di Silungkang telah ada stasiun dan daerah Silungkang juga menawarkan destinasi wisata yang menarik ditambah produk UMKM yang kaya sejarah, seperti Songket Silungkang.

“Kalau kereta api wisata ini sampai ke Silungkang, nanti wisatawan yang turun disana bisa menikmati banyak pilihan destinasi wisata dan produk UMKM. Selain itu rasanya belum sah disebut kereta wisata Sawahlunto jika belum sampai ke Silungkang karena Silungkang itu termasuk wilayah Sawahlunto,” ujar Deri Asta menguatkan penjelasannya.

 

Reporter  :  Fidel

Editor       :  Robbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *