Puluhan tahun jalan Kabupaten di Lagan kecil mudik rusak parah mencapai 2,8 Km

 

Pessel, Kabardaerah.Com– ruas Jalan sepanjang 2,8 KM di Kampuang Lagan Kaciak, Nagari Lagan Mudiak Punggasan, mengalami kerusakan yang cukup parah.salah satunya jalan Lingkar yang menghubungkan antara Kampuang Lagan Kaciak dengan Kampuang Lagan Gadang Mudiak, wilayah Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan (Kab-Pessel).

“Jalan yang statusnya milik Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan itu, kerusakan jalan yang terjadi kurang lebih sepanjang 2,8 kilometer.kondisi jalan Bukan hanya berlubang di beberapa titik, jalan itu bahkan terlihat hanya tersisa tanah dan bebatuan.

Kondisi  kerusakan jalan akan terlihat lebih memperhatikan ketika musim hujan. Dengan kondisi seperti itu, tentu akan membahayakan bagi pengendara yang melintasi dan berpotensi merusak kendaraan”, Pantauan KabarDaerah.Com, Rabu (11/01/2023).

“Kepala Kampuang Lagan Kaciak Barmen Efilot (45) mengatakan,  kerusakan di jalan tersebut telah berlangsung cukup lama bahkan sudah puluhan tahun masi dengan kondisi yang sama,  belum ada penanganan yang serius untuk diperbaiki.

Dengan kondisi jalan seperti itu, Ada saja pengendara yang jatuh setelah kena lubang. Karena rusakanya memang cukup parah, kendaraan juga bisa cepat rusak kalau kondisi jalannya seperti itu”, Kata Kepala Kampung Lagan Kaciak, Rabu (11/01/2023).

“Apalagi kalau musim hujan, itu lebih mengkhawatirkan karena banyak lubang yang tergenang air dan tidak terlihat oleh pengendara yang melintas”, Ucapnya menambahkan.

Sementara itu, Pemerintah Nagari Lagan Mudiak Punggasan, sudah sering mengajukan permohonan melalui Proposal ke-dinas terkait PUPR Kabupaten Pesisir Selatan.terkait kondisi jalan yang belum pernah tersentuh pengaspalan itu.

Untuk lebih lanjutnya, jalan yang mencapai kerusakan sehingga 2,8 Km juga pernah dibahas dalam  musyawarah  pembangunan (musrembang) di tingkat  Kecamatan Linggo Sari Baganti setiap tahunnya.

Upaya selanjutnya, dari Pemerintah Nagari Lagan mudiak, juga pernah mengajukan Proposal melalui seorang  (Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan. khususnya di Davil IV,) namun sampai sekarang belum ada tanda-tanda dan tembusan untuk diperbaiki.

Lebih lanjut, Bayu berharap, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui dinas terkait dapat segera memperbaiki jalan yang kondisinya sudah sangat memperihatinkan itu.

 

Sejauh ini, dengan kondisi jalan yang belum pernah tersentuh pengaspalan, kami berharap jalan ini menjadi perhatian oleh Pemerintah Kabupaten, agar bisa  diperbaiki demi kelancaran akses  warga terutama untuk mengeluarkan hasil tani di Kampung itu. dengan kondisi jalan pada sekarang ini, warga  mengaku sangat keolahan menempuh jalan tersebut dan susah untuk  dilalui. untuk itu kami berharap, dengan  harapan kerusakan jalan tersebut  dapat diperbaiki”, Pungkasnya.

Reporter: Efrizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *